Sukses

Ini Dia 5 Tanda Kematangan Emosional Dalam Hubungan yang Sehat dan Dewasa

Hubungan yang sehat menuntut dua orang dapat berkomunikasi satu sama lain tentang segala hal. Misalnya, sifat yang sebenarnya hingga rasa tidak aman dan trauma yang dimiliki.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan dalam berpasangan merupakan perjalanan dua orang untuk saling mengenal, jatuh cinta, dan menerima satu sama lain baik dan buruknya. '

Setelah fase awal yang manis, sebuah hubungan menjadi perjalanan yang perlu dibumbui dengan usaha, pengertian dan komunikasi. Karena itu, butuh kematangan secara emosional untuk menghadapinya. Namun, tidak setiap pasangan memiliki hal itu.

Hubungan yang sehat menuntut dua orang dapat berkomunikasi satu sama lain tentang segala hal. Misalnya, sifat yang sebenarnya hingga rasa tidak aman dan trauma yang dimiliki.

Sementara itu, setiap orang membawa trauma masing-masing dan dapat membebani di beberapa titik dalam hidup, yang selanjutnya mempengaruhi hubungan. Namun seiring waktu, hal itu sebetulnya harus dilepaskan agar tidak memengaruhi hubungan yang selanjutnya.

Dalam hal ini, kematangan emosi menunjukkan hubungan yang sehat dan aman. Orang-orang yang belum dewasa secara emosional mungkin tidak mampu menangani pergumulan yang ditimbulkan oleh suatu hubungan. Tumbuh secara emosional dan Anda akan merasakannya secara relasional, tulis terapis Emily H Sanders saat dia menjelaskan beberapa tanda kedewasaan emosional.

Lantas, apa saja tanda-tanda pasangan sudah matang secara emosional?

Berikut ini ciri-ciri pasangan memiliki kematangan emosional seperti melansir Hindustan Times, Senin (30/1/2023).

1. Curious

Curiosity adalah rasa ingin tahu lebih banyak tentang situasi. Dalam hubungan, Anda akan sering menjumpai fase ketika ingin pasangan memiliki rasa penasaran untuk mengetahui apa yang terjadi, daripada hanya menilai.

2. Kepemilikan

Anda pasti ingin bersama seseorang yang dapat mengambil tanggung jawab atas kesalahan dan tindakannya sendiri. Itu yang dicari daripada seseorang yang terus mencari alasan untuk menjelaskan kesalahan tersebut atau bahkan menyalahkan Anda.

3. Batasan

Dalam hubungan apa pun, memiliki dan menghormati batasan orang lain adalah tanda hubungan yang sehat.

4. Kesimpulan

Orang yang matang secara emosional tidak langsung mengambil kesimpulan, melainkan menganalisis kejadian dan lambat untuk mencapai kesimpulan.

5. Penghakiman

Rasa penilaian dari jenis topik yang dapat didiskusikan, tindakan yang dapat diterima dalam hubungan yang sehat, dan pemikiran yang dimaksudkan untuk dirahasiakan adalah tanda kematangan emosional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.