Sukses

4 Makanan Ini Mampu Mendetoksifikasi Hati Tetap Sehat, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Hati menjadi organ internal terbesar dan terpenting dalam tubuh manusia yang membantu menghilangkan racun berbahaya. Namun, hati pun perlu didetoksifikasi agar tetap sehat. Lantas, bagaimana caranya?

Hati membantu proses metabolisme tubuh yang meliputi memecah makanan, seperti lemak dan protein, mengekstraksi energi, vitamin, dan mineral, bersamaan dengan membuat racun tidak terlalu berbahaya bagi tubuh dan mengeluarkannya dari aliran darah. Karena itu, sangat penting untuk memastikan hati sehat setiap saat.

Menanggapi hal ini, Anjali Mukerjee sebagai seorang ahli gizi berbagi pengetahuan di akun Instagram pribadinya terkait empat makanan teratas yang mudah dan bagus untuk mendetoksifikasi hati. Keempat makanan tersebut antara lain bit, wortel, bawang putih, dan lemon.

“Empat makanan yang mudah didapat dan resepnya yang akan membantu merangsang dan membersihkan hati,” tulisnya pada postingan Instagram pribadinya seperti melansir The Indian Express, Selasa (24/1/2023).

Anjali menyarankan untuk membuat jus wortel, bit, dan tomat. “Ambil 2 tomat, 2 wortel, dan satu bit. Cincang kasar setelah dicuci dan dikupas, lalu masukkan melalui juicer tanpa menambahkan air,” katanya.

Di samping itu, seorang ahli gizi dan pendiri DtF Sonia Bakshi mengatakan bahwa “jus bit mengandung antioksidan, vitamin C, potasium, folat, dan zat besi, yang membantu melindungi hati dari peradangan dan membantu kemampuannya mengeluarkan racun dari tubuh”.

Anjali lebih lanjut berbagi bahwa jus ini membantu mencegah sembelit, memurnikan darah, dan membuat seseorang merasa lebih baik. Selanjutnya, wortel dan bit memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah peradangan di hati.

“Mereka juga membantu menciptakan empedu yang sehat. Jadi, mereka bagus untuk membersihkan hati,” tambahnya.

Sementara itu, Sonia menyarankan untuk memulai hari dengan segelas jus atau mengunyah wortel pada waktu ngemil agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Dia mengatakan, "Wortel adalah sumber karotenoid yang baik, yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu detoksifikasi sistem.”

Adapun untuk bawang putih sendiri, Anjali menjelaskan bahwa terdapat kandungan belerang sehingga berfungsi sebagai agen detoksifikasi yang hebat.

“Anda pasti pernah melihat orang pergi ke mata air belerang untuk mengobati bisul atau kondisi kulit apa pun,” tuturnya.

Selain itu, selenium yang terkandung di dalam bawang putih juga, kata Sonia, dapat membantu membersihkan hati. Ini memicu enzim hati dan secara alami mengeluarkan racun dari tubuh.

Jadi, Anda bisa mengonsumsi lemon dengan air hangat untuk meningkatkan pembersihan hati. Juga, harus diperhatikan bahwa semua makanan asam dan pahit membantu mendetoksifikasi hati.

“Air lemon yang diminum di pagi hari membantu membersihkan hati karena jus lemon merangsang hati dan membantu membuang semua racunnya,” tambah Sonia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS