Sukses

Vitamin yang Baik Dikonsumsi Saat Musim Dingin Demi Jaga Kekebalan Tubuh, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Musim dingin terkadang bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga seseorang bisa terkena penyakit. Oleh sebab itu, perlu beberapa asupan vitamin demi mencegah batuk, flu, atau pun demam.

Terkait hal ini, Co-Founder dan MD di Nutrilitius Abhilash Reddy D mengungkapkan bahwa ada beberapa vitamin yang sebaiknya dikonsumsi saat musim dingin. Sebab, vitamin tersebut mampu mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat, tetap hangat, mencegah kulit dan rambut yang kekeringan, hingga meningkatkan suasana hati.

Di samping itu, Msc Clinical Nutrition and Dietetics di Oziva Shikha Dwivedi pun menyarankan untuk menambahkan vitamin berikut ini ketika Anda sedang menghadapi musim dingin.

Melansir Hindustan Times, Senin (16/1/2023), berikut ini vitamin yang sebaiknya dikonsumsi saat musim dingin agar membantu menjaga imun tubuh tetap sehat.

a. Vitamin B-12 dan B-kompleks

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin B esensial. Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan darah dan sel saraf tubuh Anda. B12 membantu meningkatkan produksi sel darah merah. B-6 membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi dan mendukung penglihatan yang baik. B-kompleks membangun kekebalan, metabolisme yang lebih baik, dan kesehatan kulit.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

b. Vitamin D

Ini adalah vitamin yang salah satunya berasal dari sinar matahari. Namun, mengonsumsi suplemen vitamin D juga memberikan manfaat kesehatan, seperti membantu penyerapan kalsium dan fosfor, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, perkembangan tulang, pertumbuhan sel yang sehat, dll.

c. Vitamin K

Selanjutnya ada vitamin K yang dianggap mampu menjaga tingkat kalsium tubuh, sistem pembekuan darah tetap terkendali, dan bertanggung jawab untuk membangun tulang yang kuat dan vitamin K2 menjaga kesehatan arteri Anda.

Selain itu, Abhilash juga merekomendasikan beberapa vitamin lain, seperti vitamin C, A, dan Omega 3.

Perlu diingat, nutrisi yang tepat, seperti vitamin A, C, D, E, dan B-kompleks dapat membantu mengatasi masalah kesehatan di musim dingin. Sementara vitamin A, D, dan C sangat penting untuk kelancaran fungsi sistem kekebalan tubuh.

Sebagai informasi pula, vitamin B membantu Anda tetap berenergi, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan pembaharuan sel. Demikian pula, vitamin E menjaga kelembutan dan kelembapan kulit serta mencegahnya dari kerutan.

Untuk dinikmati benar-benar musim dingin, seseorang harus memasukkan banyak buah musiman, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Suplemen makanan juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengisi celah nutrisi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS