Sukses

5 Tips Masak Makanan Agar Jantung Sehat

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu.

Liputan6.com, Jakarta Banyak dokter pasti menyarankankan agar selalu mengonsumsi makanan yang dapat menyehatkan tubuh salah satunya untuk jantung. Anda dapat mengolah beragam bahan masakan menjadi makanan yang menyehatkan jantung.

Menurut American Heart Association (AHA), penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di Amerika Serikat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung dapat mengurangi tanda-tanda cedera jantung dan pembengkakan.

Jika Anda bingung, berikut ini lima tips memasak makanan agar jantung sehat seperti melansir Well and Good, Jumat (23/12/2022).

1. Menyusun daftar belanjaan yang menyehatkan jantung

Agar tidak bingung saat berbelanja, Anda sebaiknya sudah merincikan daftar makanan yang dapat menyehtkan jantung. Di tahun ini, AHA merilis daftar belanja praktis yang berisi ratusan makanan yang memenuhi persyaratan Program Sertifikasi Pemeriksaan Jantung. Makanan itu yang mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan seperti alpukat Hass, oatmeal Quaker, dan blueberry.

2. Mengonsumsi dua nutrisi yang menyehatkan jantung saat sarapan

Anda mungkin sudah mengetahui manfaat sarapan sehingga tidak pernah melewatkan waktu ini. Namun, Anda sebaiknya jangan memilih secara asal makanan yang dikonsumsi saat sarapan.

Ada baiknya jika Anda mengonsumsi sarapan yang juga dapat menyehatkan jantung. Makanan itu seperti yang mengandung serat dan protein. Kedua nutrisi sehat ini sangat dianjurkan.

Hal itu karena serat dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang keduanya terkait dengan pengelolaan penyakit jantung. Sementara itu, protein dapat membantu meningkatkan kesehatan otot, otak, dan kardiovaskular Anda. Pada dasarnya, sarapan yang dikemas dengan bahan-bahan, seperti telur, ikan, bayam, dan brokoli dapat memberikan keajaiban bagi jantung Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Melakukan upaya lain untuk menyehatkan jantung

Dalam hal kesehatan jantung, sebagian besar ahli jantung akan setuju bahwa penting untuk mendekatinya secara holistik. Artinya pola makan, olahraga, tidur, dan tingkat stres semuanya dapat berperan penting.

Kardiolog Mona Shah berbagi beberapa aktivitas kesehatan jantung holistik untuk meningkatkan sistem kardiovaskular Anda, termasuk berjalan kaki setiap hari dan melatih mindfulness di pagi hari. Selain itu, dia juga menyarankan untuk memilih makanan yang meminimalkan karbohidrat sederhana, makanan olahan, dan gula, yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan peradangan sehingga berdampak negatif pada jantung.

4. Mengonsumsi minuman yang menyehatkan jantung di pagi hari

Pakar jantung mengatakan bahwa satu hingga dua cangkir kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung dan dianggap aman untuk kebanyakan orang dewasa. Selain kopi, MD menyarankan untuk minum minuman lain yang menghidrasi, seperti smoothie yang menyehatkan jantung, teh hijau, dan air putih biasa.

5. Buatlah resep smoothie sehat jantung

Smoothie mudah untuk diseruput ketika berkendara ke kantor sehingga bisa menjadi salah satu cara termudah untuk memastikan Anda tidak melewatkan salah satu makanan terpenting pada hari itu.

Beberapa resep smoothie yang bisa dicoba antara lain pisang kunyit empat bahan yang menawarkan khasiat penambah umur panjang dan smoothie berry dengan bayam yang menyediakan banyak antioksidan dan serat ramah usus. Minuman ini juga membantu memerangi peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.