Sukses

Menurut Dokter, Segini Suhu Terbaik Saat Olahraga di Dalam Ruangan

Ini terutama berlaku untuk populasi tertentu seperti wanita hamil dan orang dengan kondisi pernapasan seperti asma, katanya.

Liputan6.com, Jakarta Selain di luar, olahraga juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Karena di dalam ruangan tertutup, suhu harus disesuaikan demi menghindari kepanasan dan kekurangan oksigen.

Melansir Well and Good, Kamis (15/12/2022), seorang ilmuwan riset untuk Orangetheory Fitness Brittany Masteller mengatakan, "Paling aman untuk melakukan latihan intensitas tinggi di ruang yang dikontrol suhu sekitar 68 hingga 72 derajat Farenheit.”

Ini terutama berlaku untuk populasi tertentu seperti wanita hamil dan orang dengan kondisi pernapasan seperti asma, katanya.

Suhu Memengaruhi Kinerja Latihan

Intinya, olahraga adalah pemicu stres pada tubuh, dan olahraga yang berbeda dirancang untuk membuat tubuh Anda yang stress dapat beradaptasi dengan cara yang berbeda.

Misalnya, saat mengangkat beban berat, Anda membebani serat otot yang berkedut cepat, yang pada gilirannya membantunya menjadi lebih kuat. Atau, saat melakukan latihan aerobik yang kuat, seperti lari cepat atau HIIT, itu menyebabkan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah (alias sistem kardiorespirasi ) bekerja lebih keras, yang meningkatkan asupan oksigen puncak atau Vo2 max.

Demikian pula, mengubah suhu latihan Anda di atas atau di bawah 68 hingga 72 derajat Farenheit dapat menyebabkan tubuh Anda beradaptasi dengan cara yang positif, selama Anda terhidrasi dengan baik, diberi bahan bakar, dan bugar untuk melakukannya menurut dokter Anda. Manfaat utama latihan panas dan dingin adalah meningkatkan faktor kardio untuk latihan yang Anda lakukan karena memaksa otak dan jantung Anda bekerja lebih keras untuk menjaga tubuh Anda dalam homeostasis.

"Tubuh manusia memiliki cara untuk melakukannya, seperti berkeringat saat panas, atau menggigil saat kedinginan," kata Masteller.

"Kelas kebugaran yang sebagian besar berdampak rendah cenderung tidak meningkatkan detak jantung karena sifat latihannya," lanjutnya, "jadi menambahkan panas ke latihan intensitas rendah menambah tingkat kesulitan lain tanpa mengubah latihan. resep."

Ini berkaitan dengan elemen jantung sehat untuk latihan yang mungkin tidak dianggap aerobik.

Sebagai informasi, rata-rata orang membutuhkan 10 hingga 14 hari untuk menyesuaikan diri dengan berolahraga dalam kondisi panas dan lembab. Akan tetapi, begitu Anda melakukannya, itu datang dengan beberapa keuntungan.

"Pada orang yang terbiasa berolahraga dalam kondisi panas dan lembab, penelitian menunjukkan perpindahan panas yang lebih baik dari inti tubuh ke lingkungan, fungsi kardiovaskular yang lebih baik, keringat yang lebih efektif, dan olahraga yang lebih baik. kinerja dan toleransi panas," kata Masteller.

Di sisi lain, seperti saat panas, berolahraga dalam cuaca dingin membuat jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah, yang meningkatkan detak jantung Anda dan dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dari waktu ke waktu. Jadi, pastikan untuk berpakaian dengan tepat, kata Masteller, agar tetap hangat tanpa kepanasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.