Sukses

Buat Wanita, Begini Solusi Mencegah Ruam Akibat Pembalut

Nah, ruam tersebut bahkan bisa bertambah parah apalagi jika terjadi gesekan terus menerus yang disebabkan oleh pembalut, terutama di sekitar daerah paha.

Liputan6.com, Jakarta Setiap bulan selama siklus menstruasi wanita pasti akan menggunakan pembalut yang terkadang bisa menimbulkan iritasi. Jika iritasi terjadi, setiap wanita tentu perlu mengetahui cara mencegahnya agar tidak muncul masalah kulit. Bagaimana solusinya?

Hal yang perlu diperhatikan pertama bagi tiap wanita adalah memakai pembalut dan menggantinya secara berkala tergantung pada aliran darah. Akan tetapi, pemakaian pembalut dalam waktu lama dan mengganti pembalut dapat menyebabkan gatal, bengkak, kemerahan, dan bahkan ruam karena bahan pembalut.

Nah, ruam tersebut bahkan bisa bertambah parah apalagi jika terjadi gesekan terus menerus yang disebabkan oleh pembalut, terutama di sekitar daerah paha. Dalam skenario seperti itu, apa yang bisa dilakukan wanita?

“Mengenakan pembalut sering kali meninggalkan ruam yang tidak diinginkan yang menyebabkan gatal, bengkak, kemerahan, dan infeksi lainnya. Ruam dapat disebabkan oleh gesekan, kelembaban, panas, dan iritasi yang berkontribusi pada penumpukan bakteri,” ungkap seorang dokter kulit Tishya Singh seperti melansir laman The Indian Express, Kamis (3/11/2022).

Dia menambahkan bahwa pembalut terdiri dari berbagai senyawa dan bahan yang dapat menyebabkan alergi pada kulit dan memiliki kecenderungan menyebabkan ruam juga. Singh menyebutkan bahwa senyawa yang disebut poliolefin selain gel penyerap, selulosa kayu, dan busa penyerap hadir dalam pembalut yang memiliki potensi untuk mengiritasi kulit.

“Pembalut juga diputihkan untuk meningkatkan daya serapnya, dan pemutih mengandung dioksin. Ketika pembalut bersentuhan dengan darah, mereka melepaskan dioksin dan gas metana dan membuat wanita rentan terhadap ruam dan infeksi,” jelasnya lebih lanjut.

Sependapat dengan Singh, seorang Konsultan Senior Dermatologist & Cosmetologist Citizens Specialty Hospital, Hyderabad Shalini Patodiya mengatakan, “A-isomethyl ionone, benzyl salicylate, hexyl cinnamaldehyde, dan heliotropine adalah empat bahan kimia sensitisasi kulit terkenal yang digunakan untuk menambah wewangian. dalam produk kebersihan menstruasi. Jadi, wanita mungkin tidak sadar terkena alergen dalam bentuk bahan kimia yang digunakan dalam pembalut serta tampon.”

Dia menambahkan, “Juga, pemutih pada dasarnya digunakan untuk membuat pembalut terlihat putih. Selain itu, akrilat digunakan untuk membuat bantalan lebih menyerap. Ketika dipolimerisasi sepenuhnya, mereka tidak menyebabkan reaksi, tetapi beberapa merek mungkin mengandung akrilat dalam bentuk monomer yang dapat menyebabkan reaksi alergi.”

Di samping itu, ada pula sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine menghitung sekitar 0,7 persen ruam kulit berasal dari alergi hingga perekat pada pembalut wanita. Meskipun Anda tidak bisa berhenti memakai pembalut, ada beberapa cara yang setidaknya dapat membantu meringankan masalah.

Dalam hal ini, Tishya menyarankan cara-cara berikut ini yang dapat membantu mencegah ruam pada bantalan menstruasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kenakan pakaian dalam berbahan katun dan pakaian yang longgar

Manfaat memakai kapas tidak ada habisnya. Kainnya lembut di kulit dan menyerap keringat yang berarti mengurangi kemungkinan gesekan dan kelembapan yang menyebabkan ruam. Kedua, mengenakan pakaian longgar membantu sirkulasi udara untuk menjaga area intim tetap kering.

“Mengenakan pakaian dalam katun memberikan ventilasi yang baik yang membantu kulit Anda bernapas dan mencegah keringat dan ruam. Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan celana atau rok yang longgar dan nyaman untuk memastikan aliran udara yang tepat,” tutur Tishya.

2. Pilih alas yang tepat

Ada beragam jenis pembalut yang dijual di pasaran. Namun, pilihlah pembalut sesuai dengan kulit dan kebutuhan Anda.

“Salah satu kualitas utama pembalut yang baik adalah daya serapnya yang cepat dengan lapisan luar yang lembut. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan mengalami ruam ekstrem setiap kali menstruasi, mungkin sudah saatnya untuk beralih ke pembalut berbahan katun/organik. Mereka sering menjadi solusi untuk ruam karena tidak mengandung pewarna atau perekat berbahaya,” saran Tishya.

3. Gunakan cangkir menstruasi

Jika kulit lebih sensitif, Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih ke cangkir menstruasi. Selain membantu dalam mencegah ruam, cangkir ini juga dapat menampung lebih banyak darah dibandingkan dengan pembalut dan tampon.

“Cangkir menstruasi juga bio-degradable, murah, mudah dibuang, dan lebih aman digunakan. Mereka sangat berguna dalam mencegah ruam,” jelas Tishya.

 

3 dari 3 halaman

4. Gunakan krim yang menenangkan untuk membantu mengobati ruam

Dalam mengobati ruam, dianjurkan untuk menggunakan krim tertentu yang dapat membantu menenangkan ruam.

“Anda bisa menggunakan losion seperti calamine untuk meredakan ruam atau vaseline petroleum jelly. Jika ruam tidak membaik setelah Anda berhenti menggunakan pembalut selama beberapa hari, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda,” sarannya.

5. Menjaga area intim tetap kering

Terakhir, jangan remehkan untuk tetap menjaga area intim tetap kering dan bersih pada waktu tertentu. Menurut Tishya, Anda harus memastikan bahwa tingkat pH vagina yang sesuai umumnya antara 3 hingga 4,5.

“Tingkat pH normal bertindak sebagai pertahanan terhadap pertumbuhan bakteri,” katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.