Sukses

Pelatihan Dasar Kamera Jurnalistik KJI, Bangun Kualitas Kamerawan Terbaik

Kamerawan Jurnalis Indonesia (KJI) memberikan pelatihan dasar Kamera Jurnalistik kepada anggota dan organisasi sahabat sebagai tambahan penguatan kemampuan pasca pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Kamerawan Jurnalis Indonesia (KJI) memberikan pelatihan dasar Kamera Jurnalistik kepada anggota dan organisasi sahabat sebagai tambahan penguatan kemampuan pasca pandemi. Pelatihan yang berlangsung dari pukul 9 pagi hingga 5 sore diadakan di Gedung Jayatama, Cipayung dihadiri oleh puluhan peserta kamerawan dan non-kamerawan yang berasal dari berbagai organisasi, termasuk Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Pelatihan dasar kamera jurnalistik yang mengahdirkan pembicara tunggal Ketua Umum KJI yang juga sebagai Kamerawan BBC News, Haryo Wirawan terbagi menjadi beberapa sesi teknis pengambilan gambar, mulai dari yang sederhana seperti camera framing, jenis – jenis shot, hingga level kompleks seperti pengambilan sequence gambar dan teknik pengambilan gambar wawancara.

“Pelatihan ini merupakan perwujudan dari misi KJI dalam membangun kualitas kamerawan di Indonesia agar mempunyai daya saing baik di tingkat nasional maupun global” ujar Haryo. “Kita mulai dari Pelatihan Dasar sebagai refresher bagi kawan – kawan kamerawan sebelum masuk tingkat selanjutnya” tambahnya

Salah satu peserta kamerawan lepas, Iman Pujiono, yang mempunyai klien dari dalam dan luar negeri, menganggap bahwa pelatihan seperti ini memang benar – benar dibutuhkan agar kualitas kamerawan Indonesia tetap terjaga “Setelah lepas dari pandemi, pelatihan seperti ini penting untuk diadakan, mungkin banyak yang lupa, banyak yang perlu di-update pengetahuannya, apalagi banyak kamera baru bermunculan” ungkap Iman.

Pelatihan Dasar Kamera Jurnalistik ini dilaksanakan dan bekerja sama dengan CT ARSA Foundation, Warna Pictures, Dapur Coet dan LinesCom. KJI terus mendukung penguatan kemampuan dan peningkatan daya saing kamerawan jurnalistik di seluruh Indonesia agar tercipta kesetaraan dalam kesempatan menghasilkan karya – karya jurnalistik yang mumpuni dan mempunyai standar kualitas yang baik. Bersamaan dengan kegiatan tersebut KJI dan CT ARSA juga memberikan donasi bantuan berupa buku tulis dan perlengkapan mandi kepada Pesantren Yayasan Alam Islamy Center di akhir acara.

Sekilas KJI yang didirikan pada tahun 2008 sebagai organisasi profesi yang mengedepankan kepentingan kamerawan jurnalis di Indonesia. Visi dan misi KJI antara lain melindungi dan memperjuangkan hak kamerawan jurnalis, meningkatkan profesionalitas, dan memberikan apresiasi kepada anggotanya dalam bentuk pelatihan, dan penghargaan kepada karya – karya jurnalistik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini