Sukses

Selain Kulit, Minyak Zaitun Juga Bermanfaat Buat Perawatan Rambut Lho!

Liputan6.com, Jakarta Disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia makanan dan perawatan kulit, minyak zaitun juga memiliki khasiat untuk perawatan rambut. Salah satunya bisa memperbaiki kerusakan rambut hingga mencegah rambut bercabang.

Rambut rontok menjadi salah satu permasalahan yang masih sering dirasakan tiap individu hingga saat ini. Terkadang sudah melakukan berbagai upaya, tapi tetap saja tidak ada perubahan. Karena itu, minyak zaitun ini mungkin bisa membantu karena menawarkan beberapa manfaat untuk rambut.

Dari memperbaiki tekstur, mencegah ujung bercabang, dan meningkatkan pertumbuhan rambut, inilah manfaat yang ditawarkan minyak zaitun untuk perawatan rambut seperti melansir Pinkvilla, Rabu (5/10/2022).

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa oleuropein, senyawa dalam zaitun merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, memijat kulit kepala dengan minyak zaitun juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang membuat rambut tumbuh lebih cepat.

2. Membantu mengurangi produksi DHT

Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap rambut rontok adalah produksi Dihydrotestosterone atau DHT. DHT ini adalah hormon dan turunan dari testosteron. Ketika hormon ini diproduksi secara berlebihan oleh tubuh, itu menyebabkan rambut rontok. Ini mengganggu siklus pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih mudah rontok.

Sementara itu, asam oleat yang ada dalam minyak zaitun dipercaya menghambat 5-alpha reductase, enzim yang bertanggung jawab untuk mengubah testosteron menjadi DHT, yang pada gilirannya mengurangi produksi DHT.

Jadi, pijat rambut Anda dengan minyak zaitun untuk memblokir produksi DHT dan membuat rambut Anda lebih berkilau dan kuat.

3. Memberikan nutrisi

Memijat kulit kepala Anda dengan minyak zaitun tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah tetapi juga memelihara folikel rambut. Nutrisi dan lemak tak jenuh yang ada dalam minyak zaitun mencegah kekeringan dengan mengunci kelembapan di batang rambut.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

4. Mencegah kerusakan rambut

Minyak zaitun menenangkan kulit kepala dan mencegah kekeringan, yang pada gilirannya mengurangi kerusakan rambut dan membuat rambut tampak bervolume. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan asam lemak omega-3 yang mampu mengondisikan rambut dan membuatnya lebih kuat.

5. Bagus untuk kesehatan kulit kepala

Ketombe adalah masalah yang menjengkelkan dan dapat mengganggu siapa pun. Adanya minyak zaitun dapat membantu menenangkan kulit kepala yang teriritasi dan mencegah masalah, seperti kekeringan, gatal, ketombe, dan sebagainya.

6. Mengurangi rambut bercabang

Minyak zaitun memang kurang cocok untuk memperbaiki ujung bercabang, tetapi karena memiliki sifat melembapkan, minyak zaitun membantu meningkatkan elastisitas rambut sehingga bisa mencegah ujung bercabang. Jadi, jika Anda ingin menjaga rambut tetap lembut, sehat dan mencegah rambut bercabang, maka gunakan minyak zaitun.

7. Membuat kulit kepala terhidrasi

Minyak zaitun memiliki sifat emolien karena mengandung asam oleat yang menembus jauh ke dalam batang rambut. Itulah yang kemudian dapat mengunci kelembapan dan menjaga nutrisi kulit kepala.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.