Sukses

Jangan Salah, Minyak Aromaterapi Melati Juga Kaya Manfaat Buat Kesehatan Tubuh dan Kulit Lho!

Liputan6.com, Jakarta Di dunia aromaterapi, minyak esensial melati hampir tidak mendapatkan perhatian yang cukup karena seringkali dibandingkan dengan jenis lain, seperti lavender atau varietas lainnya.

Padahal secara khusus aromaterapi melati membangkitkan kemewahan. Yang terpenting, minyak esensial melati pun ternyata punya banyak manfaat ketika seseorang menghirupnya.

"Jasmine sebagian besar dikenal karena kedekatan emosional dan psiko-spiritualnya," kata ahli aromaterapi Amy Galper seperti dilansir Well and Goog, Kamis (22/9/2022).

"Ini telah digunakan dalam upacara dan ritual selama berabad-abad di India, dan dihargai sebagai wewangian dalam industri parfum selama beberapa generasi.

Ini sering dipakai sebagai minyak renungan untuk membawa keberuntungan dan berkah, melepaskan hambatan batin, dan dapat melampaui cinta fisik,” tuturnya lebih lanjut.

Jasmine atau melati, kata Galper, sering dipakai sebagai minyak renungan untuk membawa keberuntungan dan berkah, melepaskan hambatan batin, dan dapat melampaui cinta fisik.

Karena itu, bagi yang masih ragu gunakan minyak esensial melati ini, coba perhatikan lagi ini dia manfaat yang ditawarkan aromaterapi melati yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Minyak Esensial Melati

1. Dianggap sebagai afrodisiak

Galper menunjukkan bahwa melati sering digunakan sebagai komponen dalam afrodisiak. Hal itu karena minyak melati bisa membantu untuk spiritualisasi keintiman hubungan. Jadi, gunakan aromaterapi melati ini jika Anda mencari aroma untuk mengatur suasana hati.

2. Penambah suasana hati

Selain itu, minyak esensial melati juga dapat membantu Anda memperbaiki suasana hati. Satu studi kecil yang diterbitkan dalam The Journal of Health Research menyelidiki efek menghirup minyak almond manis dan minyak melati pada 20 peserta.

Kemudian para peneliti menemukan bahwa minyak ini mampu merangsang dengan menyenangkan. Minyak melati ditemukan untuk mempromosikan perasaan positif kesejahteraan, keaktifan, kesegaran, dan bahkan romansa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lainnya

3. Dapat membuat Anda merasa lebih energik

Selain membuat hati dan suasana merasa baik, penelitian mendukung bahwa manfaat minyak esensial melati juga berpotensi memberi Anda sedikit semangat.

Satu studi yang menganalisis bagaimana pijatan yang diresapi minyak melati dapat berdampak pada tubuh menemukan bahwa itu meningkatkan laju pernapasan, saturasi oksigen darah, dan tekanan darah sistolik dan diastolik, menandakan gairah fisik.

Itu berarti dapat membuat Anda merasa lebih waspada dan bersemangat sehingga sangat membantu jika Anda ingin bersemangat di hari kerja tanpa kafein.

4. Memiliki sifat antiseptik

Satu studi pada 2018 menemukan bahwa minyak melati mempromosikan aktivitas antimikroba terhadap mikroorganisme mulut seperti S. mutans, L. casei , E. coli dan semua strain Candida yang dapat menyebabkan sariawan (atau infeksi jamur pada mulut).

Jadi, jika Anda ingin bereksperimen dengan rasa pasta gigi — idealnya dengan restu dokter gigi Anda — pertimbangkan melati sebagai pilihan yang mewah dan berpotensi efektif.

5. Baik untuk kulit

Manfaatnya yang terakhir, minyak melati bisa menjadi tambahan yang berharga untuk rutinitas perawatan kulit Anda. Satu studi 2017 yang mengevaluasi 90 minyak esensial komersial untuk mengukur seberapa efektif masing-masing untuk mengobati penyakit kulit.

Jasmine terbukti membantu dengan kondisi kulit seperti peradangan dan psoriasis, ditambah kulit berminyak dan kering.

Jadi, periksa kembali bahan-bahan pada produk perawatan kulit Anda dan pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau penyedia medis tentang bahan apa yang terbaik untuk profil kulit Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS