Sukses

13 Brand Raih Penghargaan Indonesia Brand Forum 2022

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Brand Forum (IBF) akan memberikan penghargaan Best Collab Champion 2022 di Indonesia dalam ajang Indonesia Brand Forum 2022. Ini merupakan yang pertama kali sejak 2013.

Ketua Dewan Juri IBF 2022, Arief Yahya, mengatakan bahwa pihaknya menyeleksi dan melakukan kurasi atas 30 brands untuk ajang tersebut.

Dalam melakukan seleksi, pihaknya melihat dari sisi konsep hingga dampak yang dihasilkan dari bisnis pada brand-brand itu.

"Kami telah menyeleksi dan melakukan kurasi atas 30 brands. Semuanya bagus-bagus. Namun tentu saja kami harus memilih yang terbaik dalam melakukan kolaborasi, mulai dari sisi konsep, proses eksekusi, hingga dampak yang dihasilkan. Sebab, kolaborasi memerlukan penyatuan gagasan dan ritme eksekusi yang prima mengingat banyak pihak terlibat. Tanpa hal tersebut, tentunya kolaborasi yang memberikan benefit bagi semua pihak, akan sulit tercapai,” ujar Arief Yahya.

Dia sendiri lalu berharap ke depannya, kolaborasi brand-brand tersebut berjalan sustain sehingga benefit yang mereka petik juga berkelanjutan.

Diakui jika tidak mudah memang menentukan siapa yang menjadi pemenang. Namun pesan yang ingin di-deliver dan digarisbawahi dari ajang ini adalah betapa pentingnya kolaborasi. Contohnya kolaborasi Alfamart dan Aladin.

Berapa banyak resources yang mesti dikeluarkan oleh Aladin untuk membangun puluhan ribu cabang? Dengan berkolaborasi, sumber daya bisa sangat efisien dan produktif.

Pentingnya kolaborasi juga tidak hanya untuk bisnis, bahkan untuk kehidupan semua. Contoh paling nyata adalah PeduliLindungi. Itu merupakan karya kolaborasi multistakeholders.

Begitu pula vaksin yang dibawa dan diproduksi Bio Farma, tanpa kolaborasi, hal itu sulit terwujud,” tambah Yuswohady, anggota Dewan Juri yang juga Founding Chairman IBF.

Dewan Juri telah menyeleksi 30 brand collaborations paling sukses, setelah dilakukan kurasi atas 100 lebih brand collaborations di Tanah Air. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pemenang

Ada 8 pemenang IBF Awarding 2022 dan 5 pemenang IBF Special Award 2022.

Pemenang IBF Awarding 2022 adalah sebagai berikut :

1. Allo Bank: The Best Brand Champion for Ecosystem Collaboration

2. IndiHome: The Best Brand Champion for Product/Service Collaboration

3. ASUS ROG: The Best Brand Champion for Marketing Communications Collaboration

4. Alfamart x Aladin: The Best Brand Champion for Channel Collaboration

5. Telkomsel x Disney+: The Best Brand Champion for Sales Collaboration

6. Wardah x Dewi Sandra: The Best Brand Champion for Celebrity Collaboration

7. BRI x Liga 1: The Best Brand Champion for Sport Collaboration

8. YDBA: The Best Brand Champion for Small and Medium Enterprise (SME) Collaboration

 

Adapun IBF Special Award 2022, diberikan pada:

1. PeduliLindungi: The Best Government Collaboration for Pandemic Solution

2. Bio Farma: The Best Corporate Collaboration for Pandemic Solution

3. Wonderful Indonesia: The Best Government Collaboration for Nation Branding

4. Pertamina x ITDC x MotoGP: The Best Corporate Collaboration for Nation Branding

5. Kalla Group: The Best Corporate Collaboration for Ecosystem Development in East Indonesia

3 dari 3 halaman

Topik Penyelenggaraan IBF 2022

Sebagai informasi, topik Penyelenggaraan IBF 2022 mengangkat "Brand Collab Champion – Winning Thru Coopetition Not Competition".

Topik kolaborasi diangkat karena dari hari ke hari, tampak dunia bisnis makin mengarah pada penguatan ekosistem di setiap industri.

"Dalam kondisi seperti ini, dan terutama paskapandemi, strategi yang ampuh untuk memenangkan pasar bukan lagi berkompetisi, melainkan koopetisi, alias berkolaborasi. Ini adalah jantungnya keunggulan bisnis. Sebab, dengan kolaborasi, masing-masing pihak dapat saling bahu-membahu mengintegrasikan ekosistem fisik maupun digital. Kolaborasi akan menghasilkan win-win solution bagi semua pihak. Istilahnya, kini saatnya bersanding, bukan bertanding," ujar Yuswohady.

 Pada akhirnya, lewat rangkaian pemberian Awarding ini, Yuswohady berharap brand-brand bisa terus menampilkan kinerja yang baik sehingga mampu tumbuh berkesinambungan. Bahkan tidak hanya bisa berjaya di pasar lokal, melainkan juga di pasar global.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS