Sukses

Ketahui Manfaat Minyak Bawang Merah Buat Merawat Rambut Jadi Lebih Berkilau

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah merupakan salah satu bahan yang biasa dibutuhkan dalam memasak makanan. Namun siapa sangka, bahan masakan satu ini ternyata juga bisa bermanfaat untuk merawat rambut.

Beberapa orang mungkin baru atau bahkan belum pernah mendengar bahwa minyak bawang merah bisa dijadikan sebagai bahan perawatan rambut. Sebab, kebanyakan orang mengenal bawang merah hanya bisa dijadikan sebagai bahan masakan.

Mengingat aromanya yang cukup kuat, di dalam bawang merah ternyata mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk rambut.

Minyak bawang merah ini juga sudah dikenal di beberapa daerah karena dapat mengontrol rambut rontok. Selain itu, salah satu ahli aromaterapi Blossom Kochhar kemudian membocorkan apa saja manfaat dari bawang merah yang dibuat minyak ini.

Melansir laman Times of India, Senin (20/6/2022), berikut ini manfaat yang ditawarkan minyak bawang merah sebagai bahan perawatan rambut alami.

 

 

2 dari 3 halaman

Manfaat

1. Berperan dalam pertumbuhan rambut

Minyak bawang merah membantu menjaga tingkat pH kulit kepala. Selain itu, juga membantu meningkatkan sirkulasi dan merangsang pertumbuhan rambut.

Bila Anda menerapkan minyak bawang merah secara rutin, itu dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut lebih kuat.

2. Meningkatkan kilau rambut

Diperkaya dengan antioksidan, minyak bawang merah juga dinilai dapat meningkatkan volume dan menambah kilau pada rambut Anda. Bahan satu ini membuat rambut Anda lebih berkilau dengan mengondisikan rambut dan kulit kepala.

3. Mengontrol ketombe

Bahkan minyak bawang merah juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptic yang dianggap berperan dalam membantu mengobati infeksi pada kulit kepala serta mencegah ketombe.

4. Dijadikan sebagai kondisioner

Memijat kulit kepala dan rambut secara teratur dengan minyak bawang merah dapat membantu menyehatkan kulit kepala. Minyak bawang merah ini bisa dijadikan sebagai kondisioner sehingga mencegah masalah rambut kering dan keriting dan memastikan pertumbuhan rambut dengan baik.

5. Memperlambat pertumbuhan uban

Karena mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang kuat, minyak bawang merah yang dijadikan sebagai produk perawatan rambut bisa menunda tumbuhnya uban dan membantu menjaga tingkat pH di rambut.

 

 

3 dari 3 halaman

Penggunaan

Bagi sebagian orang, bawang merah memiliki bau yang menyengat. Apalagi ketika dibuat minyak rambut bawang merah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya atau bilas dengan bersih menggunakan sampo saat mencuci rambut.

Minyak bawang merah memiliki potensi yang besar sehingga sangat penting untuk mencampurnya dengan minyak kelapa atau lidah buaya untuk menghindari lecet atau benjolan di kulit kepala.

Karena bahan alami, minyak bawang merah bisa dibuat sendiri di rumah. Jika ingin mencobanya, berikut ini cara membuatnya.

1. Kupas dan potong kasar beberapa bawang merah,

2. Haluskan dalam penggiling dan jadikan ekstrak bawang merah,

3. Blender beberapa bawang merah lagi untuk membuat pasta halus,

4. Panaskan sedikit minyak kelapa dalam wajan,

5. Tambahkan bawang yang sudah dihaluskan tersebut dan taruh ke wajan,

6. Aduk secara bersamaan,

7. Setelah campuran mendidih, biarkan masak sampai minyak bawang tersisa,

8. Biarkan campuran tersebut dingin dan saring dan simpan dalam wadah kedap udara.

Cobalah minyak bawang merah buatan sendiri ini sekali atau dua kali seminggu untuk merawat rambut sehingga jadi lebih bervolume, berkilau, dan lebih kuat.

 

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati