Sukses

Ketahui Manfaat Biji Chia Buat Perawatan Kulit dan Rambut

Meski banyak tumbuh di wilayah Meksiko, biji chia kini sudah banyak ditemukan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Biji chia yang terkenal berkhasiat untuk kesehatan ternyata juga berguna di dunia kecantikan. Biji ini secara khusus dapat memberikan manfaat untuk kulit dan rambut.

Bagi yang belum tahu, biji chia berasal dari tanaman Salvia hispanica. Meski banyak tumbuh di wilayah Meksiko, biji chia kini sudah banyak ditemukan di Indonesia.

Itu berarti, Anda dapat dengan mudah menemukan biji chia ini sehingga bisa menggunakannya untuk perawatan kulit dan rambut.

Di samping itu, biji chia terkenal sebagai pembangkit tenaga karena mengandung banyak nutrisi. Biji ini tinggi magnesium, asam lemak omega-3, zinc, zat besi, vitamin E, dan kalsium.

Sementara itu, biji chia yang konom mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut ini sebetulnya sudah populer sejak zaman Peradaban Maya.

Lantas apa saja manfaat biji chia untuk kulit dan rambut?

Melansir laman Pinkvilla, Senin (28/3/2022), berikut ini manfaat yang ditawarkan biji chia untuk perawatan kulit dan rambut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buat Kulit

1. Menenangkan peradangan

Biji chia dikenal tidak hanya karena sifatnya yang menenangkan, tetapi juga mendinginkan. Biasanya di musim panas atau kemarau, kulit sering meradang. Saat terjadi hal tersebut, sebaiknya Anda gunakan biji chia untuk menenangkan kulit.

2. Menghidrasi kulit

Tidak hanya menenangkan, biji chia juga terkenal mampu menghidrasi kulit. Hal ini karena di dalamnya mengandung serat yang tidak hanya menyerap, tetapi juga menahan banyak air.

Karena itu, biji chia termasuk hidrator yang sangat baik dan bahan yang sempurna untuk memastikan kulit tidak kering selama musim panas atau kemarau.

3. Mencegah kerusakan akibat radikal bebas

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, biji ini juga dianggap mampu membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang biasanya terjadi saat kulit terpapar sinar UV dalam waktu lama.

Tidak hanya itu, biji chia juga membantu menjaga kerutan dan garis-garis halus seiring bertambahnya usia. Itu berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalam biji chia.

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Buat Rambut

Sementara itu, manfaat biji chia untuk rambut salah satunya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahkan biji ini dipercaya mampu membuat rambut berkilau. Apalagi ketika biji chia digunakan sebagai perawatan rambut secara teratur. Itu akan memberikan hasil yang maksimal dan rambut pun terawat.

Untuk penggunaannya, Anda bisa menambahkan biji chia ke dalam air dan mengonsumsinya sepanjang hari. Selain itu, biji ini juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan smoothie.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini