Sukses

Permudah Manajemen dan Monitor Pekerja di Era Digital dengan Platform

Memasuki era industry 4.0, apalagi dengan kondisi pandemi yang ‘memaksa’ perusahaan untuk segera bertransformasi ke era digital, maka sektor SDM juga harus segera beradaptasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemberlakuan kerja dari rumah (work from home/wfh) menjadi tantangan tersendiri di era pandemi ini. Salah satunya dalam bidang pengelolaan Sumber Daya Manusia  (Human Resource / HR).

Terkait ini, Virtues, sebuah perusahaaan HR Consulting mencoba memberikan solusi melalui platform digital bagi perusahaan dalam pengelolaan SDM.

“Virtues merupakan konsultan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memberikan konsultasi terkait SDM perusahaan dengan menggunakan teknologi, agar mempermudah manajemen dalam memonitor dan juga mengevaluasi kinerja karyawannya,” ujar Head of Consultant & Business Development Virtues, Roland B. Pribadi, Sabtu (12/3/2022). 

Menurut Roland, memasuki era industry 4.0, apalagi dengan kondisi pandemi yang ‘memaksa’ perusahaan untuk segera bertransformasi ke era digital, maka sektor SDM juga harus segera beradaptasi.

Roland mengatakan, untuk membantu manajemen perusahaan dalam mengelola SDM, ada beberapa program yang disediakan, yaitu Virtues Profiling, yang dapat membantu HRD dalam menyeleksi calon karyawan sebelum memasuki tahap wawancara.

“Pada tahap ini, para calon karyawan bisa mengunjungi website www.virtues.id untuk menjawab beberapa pertanyaan. Dari jawaban para calon karyawan tersebut, akan keluar hasil test, seperti strength / weakness, gaya komunikasi, kepribadian dll. Namun demikian, perangkat / tools ini juga bisa digunakan oleh masyarakat umum yang ingin mengetahui potensi diri,” ucap Roland.

Selanjutnya terdapat Virtues Coaching bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri yang dibimbing langsung oleh para konselor  yang dapat dilakukan secara langsung maupun virtual coaching.

“Setelah itu akan mendapatkan teknik pengembangan karyawan, tidak hanya dengan coaching saja, Kami membantu mereka untuk saling memahami kekuatan, cara kerja dan kepribadian setiap anggota teamnya untuk mencapai keselarasan dalam mencapai tujuan perusahaan,” ujar Roland.  

Dia mengaku pihaknya juga sudah menyiapkan langkah untuk masuk ke era digital.  

“Virtues telah membuat Performance Management tools user friendly, sehingga siapapun di perusahaan dapat menggunakannya. Selain itu, Virtues juga akan menyiapkan Learning Platform agar pengembangan diri semakin mudah untuk diakses,” kata dia.  

Roland menambahkan, pihaknya juga menghadirkan HR 4.0 yaitu digitalisasi proses HR dimana proses perekaman data, pelaporan serta peninjauan dilakukan secara digital yang mengedepankan kesejahteraan manusia di dalam suatu perusahan.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gali Potensi

Selain untuk perusahaan, Virtues juga dapat membantu individu yang ingin menggali potensi diri dalam pengembangan karier ke depan.  Hal ini dapat dilakukan dengan adanya virtual test yang telah dikembangkan oleh VIRTUES.

Masyarakat dapat mengunjungi website www.virtues.id Dengan virtual test tersebut, konsumen atau individu tersebut dapat memperoleh informasi secara rinci terhadap pola dasar yang digambarkan sebagai elemen tertentu, apa kekuatan utama yang dimiliki saat ini.

Kemudian hal pendukung apa yang membuat individu tersebut cocok menggeluti suatu bidang pekerjaan, bagaimana cara gaya komunikasi kepada lawan bicara untuk penyampaian yang tepat, perilaku yang diterapkan untuk mempelajari hal baru, gaya bekerja yang sesuai dengan kepribadian, peran seseorang dalam tim, dan dapat menentukan siapa partner ideal yang baik sesuai dengan rencana dan bidang pekerjaan seperti apa yang cocok dan ideal.  

“Untuk mendapatkan informasi tersebut, tidak hanya kekuatan primer yang dinilai, tetapi kami dapat menggabungkan antara empati dan spiritual sebagai bagian fundamental yang membentuk dari kondisi mental seseorang. Ini semua dirangkum serta diaplikasikan pada dunia nyata dan telah di terapkan oleh berbagai banyak praktisi, para leader terkemuka, pengusaha muda, dan juga artis nasional,” kata dia.  

Ia berharap, Virtues dapat menjadi alat pengembangan diri yang memaksimalkan potensi individu maupun perusahaan.

“Sayang sekali jika potensi tersebut tidak digali atau bahkan tidak ditemukan. Kami juga selalu ingin berjalan bersama setiap orang dalam perjalanan meraih cita-cita mereka melalui proses pengenalan dan pengembangan diri,” ujar dia.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.