Sukses

Jenis Nasi yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Penderita diabetes harus menjaga kesehatan dengan baik. Salah satunya mengatur pola dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Khususnya nasi, tidak semua jenisnya baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Lantas apa jenis nasi yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes?

Sebelumnya, secara global, kasus penderita diabetes tipe-2 telah meroket selama beberapa tahun terakhir pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Akibatnya, obesitas, sindrom metabolik, dan penyakit jantung menjadi semakin lazim. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk memanajemen diabetes dengan melakukan diet rendah karbohidrat.

Dalam hal ini beras termasuk sumber makanan yang kaya akan karbohidrat, serat, dan kalsium. Namun sayangnya, beras yang sudah dimasak menjadi nasi itu menjadi musuh kadar gula darah. Sebab, para ahli menyebutkan, jenis beras tertentu ada yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Oleh karena itu, khususnya penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi nasi yang lebih rendah karbohidrat. Hal ini karena untuk menghindari peningkatan kadar gula darah tersebut. Salah satu makanan rendah karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes adalah beras merah.

Melansir laman Timesnownews, Selasa (25/1/2022), menurut para ahli, beras merah merupakan sumber yang kaya akan serat dan protein. Kedua nutrisi itulah yang tidak ditemukan dalam nasi putih.

Selain itu, beras merah juga memiliki glikemik rendah sehingga menjadi pilihan yang ideal bagi penderita diabetes dan pra-diabetes.

Sementara itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Global Nutritional and Epidemiological Transition (GNET), mengganti sepertiga porsi nasi putih dengan nasi merah dapat menurunkan risiko diabetes hingga 16 persen. Tidak hanya nasi merah, para ahli juga mengatakan bahwa biji-bijian seperti jelai juga membantu mengurangi risiko terkena diaetes hingga 36 persen lebih rendah.

2 dari 2 halaman

Kandungan Beras Merah

Meskipun beras merah dapat membantu pasien diabetes tipe-2 mengatur kadar gula darah yang tinggi serta mengendalikan glukosa, tetap mengontrol diri adalah hal yang tepat. Terlalu banyak mengonsumsi beras merah juga tidak baik.

Di samping itu, selain kaya karbohidrat, beras merah juga mengandung nutrisi lain. Nutrisi tersebut antara lain zat besi, magnesium, lemak, protein, kalsium, dan sodium. Selain baik untuk penderita diabetes, beras merah juga baik dikonsumsi bagi penderita jantung.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati