Sukses

Selain Lezat, Ketahui Manfaat Nanas Buat Kesehatan Tubuh

Menurut ahli gizi, secangkir nanas mengandung 79 mg vitamin C.

Liputan6.com, Jakarta Nanas bukanlah sekadar buah yang hanya bisa dimakan. Akan tetapi, buah ini juga memiliki beragam manfaat yang diberikan untuk tubuh jika dikonsumsi. Jadi, selain menyegarkan, nanas juga menyehatkan.

Biasanya nanas diolah menjadi smoothie, yoghurt, hingga es krim. Di samping itu, ternyata nanas juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu pelatih kesehatan sekaligus penulis Deanne Panday mengungkapkan beragam manfaat yang ditawarkan buah berwarna kuning ini.

“Ada banyak cara untuk menikmati buah kuning yang berair ini. Anda bisa memanggang irisannya dan menyajikannya dengan daging atau sebagai pelengkap yang lezat atau Anda bisa memasukkan potongan beku ke dalam smoothie. Anda juga bisa mengemil potongan kecil-kecilan,” tuturnya seperti melansir laman Indian Express, Senin (17/1/2022).

Lebih lanjut Panday menjelaskan apa saja kandungan yang terdapat pada nanas sehingga dapat bermanfaat buat tubuh. Dia menuturkan, “Nanas menawarkan kalsium, mangan, dan vitamin C.”

Seiring hal itu, menurut ahli gizi, secangkir nanas mengandung 79 mg vitamin C. Hal ini menunjukkan berarti nanas merupakan sumber kalsium dan potasium yang baik. Panday menambahkan bahwa jus nanas dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak.

Sementara itu, seorang ahli gizi selebriti Kinita Kadakia Patel juga juga mengungkapkan, keberadaan enzim bromelain dalam nanas membantu banyak masalah pencernaan .

"Nanas mengandung bromelain, ini merupakan campuran enzim yang menurut penelitian dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan hidung," tambahnya. Selain itu, nanas juga dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk luka bakar, karena adanya enzim tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain

Di samping itu, nanas juga baik dikonsumsi ketika diet. Menurut Panday, “Nanas lebih rendah kalori daripada makanan manis lainnya.

Jadi, jika Anda memilih menikmati satu porsi nanas dibanding es krim untuk pencuci mulut pada malam hari, Anda berarti telah mengonsumsi lebih sedikit kalori yang mampu membantu menurunkan berat badan.”

Perlu tahu juga bahwa nanas tidak termasuk ke dalam jenis lemak jenuh dan lemak trans. Selain itu, bahkan nanas pun dianggap sebagai sumber yang kaya akan vitamin dan mineral penting sebab mengandung antioksidan, seperti asam fenolik dan flavonoid.

“Antioksidan adalah senyawa dalam makanan yang dapat membantu melawan peradangan dan radikal bebas dalam tubuh. Diet dengan makanan anti-inflamasi, seperti nanas, dapat membantu mengurangi jumlah peradangan dalam tubuh, ” jelasnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini