Sukses

Ketahui Penyebab Orang Cepat Beruban Hingga Cara Mengatasinya

Di balik rambut beruban sejak dini, ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang sering mengalami rambut beruban padahal masih di usia muda. Sebab, uban biasanya disangkutpautkan dengan usia yang sudah memasuki lansia. Akan tetapi, rambut beruban saat ini justru sering ditemukan pada anak muda hingga remaja.

Di balik rambut beruban sejak dini, ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya. Rambut beruban yang muncul sejak dini bisa diatasi dengan pengobatan rumahan yang sederhana dan efektif, kata kepala ahli di Diet Insight Lavleen Kaur.

“Rambut beruban adalah komponen normal dari proses penuaan. Jutaan folikel rambut di kulit Anda mengandung pigmen yang disebut melanin. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut ini mulai kehilangan pigmen alaminya, akhirnya menghasilkan uban,” jelas Lavleen seperti dikutip dari The Indian Express, Rabu (15/9/2021).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab

Sementara itu, dijelaskan pula bahwa ada dua penyebab uban bisa tumbuh sejak dini. Pertama disebabkan karena kekurangan nutrisi dalam diet atau makan sehari-hari.

Nutrisi tentu penting bahkan berperan dalam hal ini. Sebuah penelitian mengungkapkan, kekurangan zat besi, vitamin B, yodium, dan omega 3 dianggap juga bisa menyebabkan rambut beruban. Oleh karena itu, sangat penting mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi bagi setiap individu.

Di sisi lain, makanan kemasan, makanan olahan, bisa pula menjadi penyebabnya. Karena itulah, sebaiknya setiap orang harus memperhatikan lagi makanan yang dikonsumsi.

Penyebab yang kedua bisa karena meningkatnya stres. Peningkatan stres ini menyebabkan pelepasan zat kimia yang disebut Norepinefrin ke dalam folikel. Bahan tersebut selanjutnya dapat mempengaruhi sel induk melanosit. Hal itu dapat mempercepat perubahan menjadi sel pigmen dan keluar dari folikel rambut. Alhasil itulah yang dapat menyebabkan rambut beruban sejak dini.

Kesimpulannya, faktor utamanya adalah stres dan diet atau pola makan. Namun, sebetulnya bukan hanya itu. Rambut beruban sejak dini juga bisa disebabkan karena faktor lain, seperti genetika, ketidakseimbangan hormon, atau bahkan efek samping dari kondisi medis tertentu seperti sembelit atau anemia.

 

 

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi

Jangan khawatir, permasalahan tersebut kemungkinan bisa diatasi. Ada beberapa kombinasi yang bisa membantu agar hal tersebut tidak terjadi. Berikut adalah tipsnya.

1. Perbaiki pola makan

Solusi utamanya terutama masalah kesehatan tentu harus memperbaiki pola makan. Ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi untuk memulihkan rambut hingga menjadi hitam berkilau. Makanan tersebut seperti kacang mete, kacang buncis, almond, jamur, dan sebagainya.

Kacang dan biji-bijian merupakan makanan tepenting kedua untuk masuk ke dalam daftar makanan sehari-hari atau diet. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan biji labu dapat merangsang sintesis melanin dan menghasilkan peningkatan pigmentasi pada rambut.

Di samping itu, penting pula untuk memasukkan sumber makanan yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, wortel, bahkan jus sayuran pilihan untuk membantu mengatasi uban ini. Sebab, kandungan nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan suplai oksigen tubuh sehingga menjaga sel-sel tetap sehat dan aktif. Selain itu, juga bisa menghasilkan rambut yang kuat.

Intinya, makanan yang kaya akan mineral, seperti vitamin B, omega 3, zat besi, dan yodium tidak boleh diabaikan.

2. Gunakan minyak kelapa buatan sendiri

Tidak ada yang paling ampuh selain minyak alami buatan sendiri. Cara buatnya pun cukup mudah. Anda hanya membutuhkan 500ml minyak kelapa, 1 sdm biji bawang merah, 1 sdm biji methi, dan 1 sdm bubuk daun kari kering.

Kemudian, aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Biarkan di bawah sinar matahari selama 4-5 hari sebelum digunakan.

“Ini adalah metode teruji yang terbukti bermanfaat bagi banyak orang dalam hal mengembalikan warna rambut alami dan mempertahankannya dalam jangka panjang,” kata Lavleen.

3. Gunakan amla

Amla kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-penuaan. Cara menggunakannya adalah mencuci rambut dengan air yang sudah direndam dengan amla.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengekstrak jus amla dan menggabungkannya dengan 1 sdm minyak almond dan beberapa perasan lemon. Aduk merata kemudian oleskan ke kulit kepala. Tunggu dan biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci bersih.

Jika menggunakan bubuk amla, Anda bisa merebus dalam minyak kelapa hingga minyak tersebut berubah warna. Gunakanlah selayaknya Anda memakai minyak rambut. Kemudian cuci dengan air hangat.

4. Gunakan daun kari

Daun kari memiliki sejarah yang cukup panjang dalam penggunaan obat. Anda dapat menggunakannya untuk mengembalikan rambut yang beruban.

Caranya adalah dengan menggilingnya hingga menjadi bubuk dan menggabungkannya dengan minyak kelapa. Selanjutnya, oleskan ke kulit kepala Anda.

5. Gunakan Jus bawang

Jus bawang mungkin salah satu tips yang paling sering direkomendasikan di internet. Ketidakseimbangan dalam hidrogen peroksida dapat menyebabkan rambut beruban. Ketika menggunakan bahan ini, hidrogen peroksida dapat menetralkan enzim katalase yang ditemukan dalam bawang.

Oleh karena itu, coba campurkan jus bawang dengan 1 sdm kulit lemon dan terapkan pada rambut Anda.

6. Gunakan teh hitam

Terakhir, Anda bisa menggunakan teh hitam bersamaan dengan kondisioner herbal. Bahan ini dianggap memiliki asam tanat yang dapat membantu mempergelap warna rambut. Namun, jangan gunakan sampo setelah melakukan perawatan dengan bahan ini. Sebab, dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

Lavleen mengatakan, “Singkirkan pengobatan apa pun eksternal atau buatan sendiri yang Anda coba, kecuali rambut Anda kuat dan sehat dari dalam, uban akan muncul lagi dan lagi. Oleh karena itu, perhatian pertama dan terpenting perlu dilakukan pada diet dan rutinitas gaya hidup Anda.”

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini