Sukses

Temukan 5 Manfaat Konsumsi Zaitun yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Konsumsi Zaitun untuk meningkatkan kesehatan dalam tubuh, khususnya mengurangi kadar kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Sering kali kita mendengar bahwa menggunakan minyak zaitun pada makanan membuatnya terlihat mewah sekaligus sehat. Buah zaitun bisa diolah menjadi minyak sayur, dressing pada salad sayur, hingga hidangan minuman.

Buah lonjong kecil dengan batu keras yang tidak dapat dimakan di tengahnya. Mereka lahir sebagai buah yang berwarna hijau dan hitam, tergantung pada kapan mereka dipetik. Secara tradisional, mereka ditanam di Mediterania, dan beberapa di California.

“Selain sangat lezat, buah zaitun yang bergizi dan kaya akan antioksidan membantu melawan peradangan dan penyakit dalam tubuh,” ujar pendiri situs kesehatan Flourish Heights Valery Agyeman.

Kemudian, menurut pendapat ahli lain yaitu manajer komunikasi nutrisi di Dewan Informasi Makanan Internasional, zaitun dan minyak zaitun dikemas dengan lemak sehat untuk jantung dan memiliki ciri khas karena peran utamanya dalam diet ala Mediterania.

Diet Mediterania merupakan salah satu diet tersehat di dunia dan masuk dalam daftar pola makan yang direkomendasikan oleh Dietary Guidelines 2020-2025 bagi masyarakat AS. Tentunya, tak harus orang AS saja yang direkomendasikan untuk mengonsumsi buah/minyak zaitun.

“Yang utama adalah mengganti lemak tidak sehat dengan minyak zaitun karena dapat meningkatkan kolesterol sehat, mengurangi inflasi, dan meningkatkan kesehatan jantung,” ujar ahli nutrisi di Harvard School of Public Health Dr. Frank Hu kepada CNN Health.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khasiat Buah Zaitun

Ada berbagai cara menikmati manfaat dari mengonsumsi salad, Anda bisa menyiramnya di atas saus atau salad segar, atau mencampurkannya ke dalam pasta.

1. Dapat Mengurangi Peradangan

Vitamin E adalah antioksidan yang tinggi untuk membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan oksidatif. Kandungan yang dimiliki hampir sekitar 80 persen berisi air dan punya lemak yang baik dan sehat bagi tubuh. 

Melansir dari BBC Food, zaitun memiliki kandungan antioksidan yang dikenal sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi risiko penyakit kronis, seperti jantung dan kanker, sekaligus mengurangi peradangan di tubuh kita. 

2. Mengatur Kadar Kolesterol

Manfaat yang disuguhkan memberi manfaat utama bagi kesehatan jantung.

“Asal oleat adalah jenis asam lemak yang ditemukan dalam buah zaitun dan telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur kadar kolesterol,” ujar Agyeman.

Apabila Anda memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, cobalah untuk mengonsumsi minyak zaitun secara rutin untuk meningkatkan kesehatan karena itu adalah pilihan yang tepat.

3. Membantu Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Kandungan asam oleat dan polifenol dari dalam buah zaitun yang tinggi ditemukan lemak yang terkandung ideal dan cocok untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, buah zaitun dapat bermanfaat mengatur tekanan hipertensi.

Ditambah, secara nutrisi , zaitun adalah sumber yang baik dari beberapa gabungan mikronutrien termasuk vitamin E, zat besi, tembaga, dan kalsium. Salah satu manfaat kalsium, bukan hanya baik bagi tulang, malinkan dapat mengatur kontraksi otot dan memasukan darah kita membeku secara normal.

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Zaitun

4. Mencegah Kanker

Studi epidemiologis yang dikutip melalui laman Glamour, ditemukan bahwa tingkat kanker tertentu terjadi lebih rendah di Mediterania dibandingkan AS. Hal tersebut menunjukkan bahwa diet Mediterania memiliki peluang menurunkan risiko terkena kanker

Kemudian, satu studi lainnya juga menemukan asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat menekan pertumbuhan dari sel kanker payudara. Tentunya, manfaat ini bisa menjadi perhatian bagi kaum wanita untuk menjaga kesehatan tubuh mereka lebih lagi.

3. Menyehatkan Kulit

Memiliki sumber vitamin E yang tinggi membantu mendukung fungsi sel, sistem kekebalan atau imunitas tubuh, hingga kesehatan kulit dapat terjaga dengan baik. Vitamin E sendiri telah ditemukan dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.

Oleh karena itu, mengonsumsi zaitun dapat mencegah penuaan dini dan mempertahankan kesehatan kulit dari penyakit kanker kulit.

Reporter: Caroline Saskia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.