Sukses

Masih Bermasalah dengan Rambut? Coba Lakukan 3 Cara Ini Deh

Berikut ini tiga cara untuk mengatasinya agar rambut terawat, sehat, dan berkilau.

Liputan6.com, Jakarta Masalah tentang rambut tak kunjung usai dirasakan oleh banyak orang, khususnya wanita. Entah rambut rontok, bercabang, atau ketombe. Semua itu sebenarnya bisa diatasi jika setiap individu mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik.

Misalnya orang yang memiliki rambut keriting dan sulit diatur, terkadang dapat merusak mood. Selain itu, karena pola makan yang tidak sehat dan kesibukan, rambut jadi tidak terawat dengan baik. Hingga akhirnya faktor genetik yang sering disalahkan.

Padahal, kebanyakan masalah rambut ini sebenarnya bersumber dari produk perawatan rambut yang digunakan.

Dikutip dari laman Times of India, Minggu (8/8/2021), berikut ini tiga cara untuk mengatasinya agar rambut terawat, sehat, dan berkilau.

1. Gunakan sampo yang bebas bahan kimia

Jika rambut justru semakin rusak, mungkin itu disebabkan sampo yang Anda gunakan mengandung bahan kimia yang membahayakan rambut.

Oleh karena itu, berhentilah gunakan sampo dengan bahan kimia. Kemudian, beralihlah menggunakan sampo yang bebas dari bahan kimia.

Zat berbahaya itu bisa seperti paraben, sulfat, pewarna buatan, dan wewangian yang kuat. Selain itu, kandungan silikon dalam krim rambut juga adalah zat yang seharusnya dihindari. Hal ini karena dapat menyebabkan penumpukan di kulit kepala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Lakukan perawatan dengan tepat

Banyak orang seringkali salah untuk merawat rambut. Misalnya ketika memberi kondisioner pada rambut dan tidak membilasnya. Perawatan ini kurang tepat.

Sementara itu, orang yang memiliki rambut kering sebenarnya membutuhkan perawatan ekstra. Oleh karena itu, perawatannya pun harus tepat sesuai aturan, jangan berlebihan merawatnya.

Beberapa caranya, bisa dengan menerapkan minyak almond atau kelapa ke rambut kering. Ini merupakan salah satu cara yang cukup populer untuk mengatasinya. Bahkan kedua minyak itu juga dianggap dapat memulihkan hidrasi rambut secara alami.

3. Jangan gunakan banyak perawatan

Banyak penjual akan mempromosikan produknya yang terkadang justru menipu Anda. Dalam hal ini produk perawatan rambut. Anda jangan mudah percaya begitu saja. Jadi, jangan langsung membeli setiap produk yang sering ditawarkan.

Gunakanlah produk perawatan sederhana yang cocok dengan rambut Anda. Perlu diingat pula, jangan sering berganti produk. Bahkan jika cocok, gunakanlah bahan alami tanpa zat kimia berbahaya. Ada banyak bahan alami yang mampu merawat rambut dan mencegah rambut rontok atau ketombe. Bahan itu seperti lidah buaya, biji kopi, ketumbar, dan sebagainya.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.