Sukses

Masih Bermasalah dengan Mata Panda? Cobain Bahan Alami Ini

Bahan alami yang dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Liputan6.com, Jakarta Sering begadang, kurang tidur, atau tidur tidak teratur seringkali menciptakan lingkaran hitam di bawah mata. Orang-orang menyebutnya dengan mata panda. Hingga saat ini, mata panda menjadi permasalahan yang tak kunjung usai diperbincangkan khususnya di kalangan wanita.

Sebenarnya lingkaran hitam tersebut tidak hanya disebabkan karena beberapa hal seperti yang sudah disebutkan, tetapi bisa juga karena faktor keturunan, kekurangan zat besi, obat-obatan, atau terlalu lama di depan layar.

Lingkaran hitam tersebut seringkali mengganggu khususnya bagi para wanita ketika akan memoleskan riasan ke wajahnya. Demi menghilangkannya, tak sedikit orang yang rutin melakukan perawatan bahkan hingga menggunakan bahan kimia yang mungkin berbahaya. Padahal, ada cara lain yang lebih baik bahkan mundah hanya dengan bahan alami.

Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, seperti dikutip dari Times of India.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah untuk memasak. Tapi di samping itu, kunyit juga ternyata bisa untuk menghilangkan mata panda.

 Kandungan antioksidan di dalam kunyit mampu mencerahkan kulit sehingga dapat membuat kulit lebih lembut dan halus. Selain itu, juga dinilai dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Cara penggunaan:

Caranya dengan menghaluskan kunyit tersebut. Setelah halus, ambil 1 sendok makan kunyit yang sudah dihaluskan itu dan campurkan dengan 1 sendok teh minyak kelapa. Untuk mendapat nutrisi tambahan, bisa pula mencampurkan dengan nanas yang sudah dihaluskan.

Setelah semua tercampur merata, oleskanlah campuran tesebut di bawah mata dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, baru dibersihkan.

3 dari 4 halaman

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mungkin sudah cukup populer dijadikan sebagai bahan perawatan. Kandungan vitamin, enzim, dan asam alfa-hidroksi di dalamnya dapat membantu menjaga tingkat pH. Selain itu, cuka sari apel juga dinilai dapat membersihkan kulit dan mengurangi pori-pori. 

Cara penggunaan:

Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan 1 sendok teh bawang bombay yang sudah dihaluskan. Setelah tercampur rata, oleskanlah di area yang ada lingkaran hitam. Biarkan selama 30 menit, setelah itu baru bilas dengan air hangat.

 3. Petroleum Jelly

Bahan selanjutnya yang bisa untuk menghilangkan lingkaran hitam adalah petroleum jelly. Bahan ini bersifat hypoallergenic yang dapat melembabkan kulit dan menghilangkan kusam. Sangat cocok untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Cara penggunaan:

Ambil 1 sendok teh petroleum jelly dan aduk merata dengan beberapa tetes lemon. Oleskanlah di malam hari dan biarkan hingga 1 jam. Setelah itu, bersihkanlah. Lakukan cara ini dengan rutin untuk hasil yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

4. Mentimun

Salah satu jenis sayuran ini bermanfaat untuk menyegarkan mata karena di dalamnya mengandung vitamin C dan K. Kandungan tersebut berfungsi untuk membantu mengurangi pigmentasi. Selain itu, mentimun juga dapat mendinginkan dan mengencangkan kulit.

Cara penggunaan:

Bekukan potongan mentimun ke dalam freezer selama kurang lebih 10 jam. Kemudian, taruh potongan mentimun tersebut di bawah mata selama 15-20 menit. Lakukanlah secara rutin untuk menghilangkan mata panda.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan mentimun yang sudah dihaluskan dengan lemon yang juga dihaluskan. Setelah itu, oleskan di area yang memiliki lingkaran hitam, 2-3 lapisan. Kemudian tunggu beberapa menit lalu bersihkan.

5. Minyak Biji Anggur

Minyak biji anggur mengandung flavonoid yang dapat membantu mengurangi perubahan warna gelap. Sifatnya yang anti-inflamasi dan di dalamnya mengandung vitamin K, dinilai dapat membantu mengencangkan dan melembutkan kulit di bawah mata. 

Cara penggunaan:

Ambil 3-4 tetes minyal biji anggur murni dan pijat-pijat area bawah mata secara perlahan 10-15 menit.

6. Kentang

Ternyata kentang pun dinilai bisa membantu menghilangkan mata panda. Kandungan vitamin C dan B, potasium, dan zat besi di dalamnya dapat membantu mencerahkan kulit di bawah mata.

 Cara penggunaan:

Kupas satu buah kentang kemudian cuci bersih. Selanjutnya, rebus kentang tersebut dan haluskan. Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan susu ke dalam kentang yang sudah dihaluskan tadi. Aduk merata dan oleskan pada area hitam di bawah mata. Diamkan selama 20-30 menit lalu bersihkanlah.

7. Pasta Liquorice

Pasta ini mengandung sifat antijamur dan asam glycyrrhizic yang dapat membantu dalam proses penyembuhan kulit secara lebih cepat. Selain itu, pasta ini juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit.

 Cara penggunaan:

Campurkan 5 tetes liquorice dengan 1 kapsul vitamin E. Di samping itu, dapat juga dicampurkan dengan sedikit susu atau air. Aduk merata hingga kental. Kemudian oleskan pada area hitam dan diamkan selama 15 menit.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini