Sukses

Dapat Beasiswa Akademis? Perhatikan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda membaca ini, mungkin termasuk salah satu yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu seperti universitas atau setidaknya berharap demikian. 

Beasiswa adalah cara yang bagus bagi banyak orang muda untuk mengakses pendidikan terlepas dari kemampuan finansial mereka, tetapi mereka tidak datang dengan mudah.

Jadi, meskipun Anda senang berhasil meraih beasiswa itu, tanggung jawab Anda untuk mempertahankannya sebenarnya baru dimulai sekarang. 

Mengutip Study International, Minggu (17/5/2021), berikut 5 cara yang dapat secara efektif membantu Anda mempertahankan beasiswa akademis.

1. Aktif hadir di kelas dan pertahankan nilai

Untuk mempertahankan beasiswa, Anda tentu harus memenuhi persyaratan akademik yang ditetapkan oleh penyandang dana dan yang berlaku di universitas. Ini mungkin tampak jelas, tetapi perlu diulangi karena itu adalah tanggung jawab utama Anda sebagai seorang sarjana. 

Konsistensi dalam poin ini menunjukkan bahwa Anda berkomitmen, disiplin, dan dapat dipercaya yang mana menjadi sifat-sifat yang dihargai oleh setiap pemberi dana, baik itu berasal dari instansi maupun perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Terlibatlah di kampus

Sebagai seorang sarjana, Anda lebih dari seorang siswa. Anda adalah seorang duta untuk banyak hal. 

Banyak sarjana tertarik untuk mengabdi di himpunan mahasiswa, tetapi sebenarnya ada banyak cara lain untuk mempertajam keterampilan kepemimpinan Anda. Contohnya menjadi bagian dari kelompok belajar, kegiatan klub, tamasya sosial, dan masih banyak keterlibatan lainnya yang bisa diambil setiap hari. 

Merupakan tanggung jawab Anda untuk dapat tetap terlibat aktif sambil tetap melanjutkan studi Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki kemampuan dan kesediaan untuk tinggal di sekitar area kampus untuk memudahkan mobilitas dan pengaturan jadwal.

3. Bangun Koneksi Diri

Anda juga mungkin diminta untuk membantu mengatur acara atau menghadirinya sebagai perwakilan. Baik itu makan malam formal atau lokakarya, ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan diri. 

Gunakan mereka sebagai peluang untuk membangun koneksi dengan alumni, pemangku kepentingan, dan pemodal. Sehingga, ketika Anda lulus, inilah orang-orang yang akan membantu Anda memetakan jalur karier.

3 dari 3 halaman

4. Berikan kontribusi kembali saat Anda bisa

Mempertahankan beasiswa selama tiga atau empat tahun studi bukanlah prestasi kecil. Pada saat yang sama, Anda akan merasa tertarik untuk memperkaya kehidupan orang-orang di sekitar Anda. 

Jika hal ini terjadi, Anda dapat menyumbangkan waktu dan energi Anda kepada mereka yang lebih membutuhkan, misalnya teman karib yang berjuang, masyarakat yang kurang mampu, bahkan hewan yang tersesat. Siapa tahu, Anda juga bisa menemukan minat Anda dengan cara ini.

5. Bimbing junior 

Anda bukan yang pertama memegang beasiswa ini dan tidak akan menjadi yang terakhir. Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk mengambil peranan menjadi mentor atau teman bagi sesama sarjana, terutama junior sedang yang mencari bimbingan di tahun pertama mereka. 

Anda bisa membantu mereka membuat koneksi, menavigasi kehidupan universitas, dan mengatur pengalaman yang mereka inginkan untuk diri mereka sendiri.

Kemungkinannya adalah seseorang akan atau bahkan telah melakukan hal yang sama untuk Anda saat Anda memulai perjalanan ini.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini