Sukses

Makan Buah dan Sayuran Sejumlah Ini Setiap Hari Dapat Perpanjang Usia

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebuah studi terbaru, memakan kombinasi buah dan sayuran yang tepat dapat membantu meningkatkan peluang Anda hidup lebih lama. Studi ini dirilis oleh American Heart Association pada awal Maret lalu.

Studi dilakukan oleh para peneliti di Harvard T. H. Chan School of Public Health dimana ditemukan bahwa memakan dua porsi buah dan tiga porsi sayuran secara rutin setiap harinya memiliki keterkaitan dengan tingkat kematian yang lebih rendah. Sementara memakan lebih dari jumlah yang disarankan tidak memiliki manfaat tambahan.

"Jumlah ini kemungkinan menawarkan manfaat yang paling besar dalam hal pencegahan penyakit kronis mayor dan merupakan asupan yang relatif dapat dicapai untuk masyarakat umum," kata penulis utama studi Dong D. Wang, MD, Sc.D., seorang ahli epidemiologi, ahli gizi dan anggota fakultas kedokteran di Harvard Medical School dan Brigham and Women's Hospital di Boston.

2 dari 2 halaman

Tidak semua buah dan sayuran dapat dianggap sama

Dalam rangka melakukan penelitian tersebut, Wang dan rekan-rekannya memperhatikan 66.719 wanita dan 42.016 pria dewasa dari tahun 1984 hingga 2014 yang bebas dari penyakit kardiovaskular (CVD), kanker, dan diabetes. Pola makan dinilai dengan menggunakan kuesioner frekuensi makanan yang telah divalidasi dan diperbarui setiap dua hingga empat tahun. Selain itu, para peneliti mengumpulkan data tentang asupan buah dan sayuran dari hampir 2 juta orang dewasa di seluruh dunia.

Sayangnya tidak semua buah dan sayuran dapat dianggap sama, menurut Wang. Sayuran berdaun hijau, termasuk bayam, kangkung dan selada, serta sayuran yang kaya beta karoten dan buah beri dan jeruk memang menunjukkan manfaat. Sementara sayuran seperti kacang polong, jagung, dan kentang, serta jus buah tidak memiliki keterkaitan dengan penurunan risiko kematian atau penyakit kronis.

Dikutip dari CNBC pada Senin (29/03/2021), The American Heart Association saat ini merekomendasikan empat porsi buah per hari dan lima porsi sayuran per hari, sedangkan USDA Food Guide Pyramid merekomendasikan dua hingga empat porsi buah dan tiga hingga lima porsi sayuran per hari.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa