Sukses

Bangun Ikatan Keluarga dengan Ajak Anak Berkreativitas lewat Gambar dan Warna

Membuat sesuatu yang kreatif bisa jadi pilihan saat pandemi. Seperti kegiatan menggambar dan mewarnai maupun membuat craft/prakarya.

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan masyarakat terbatasi karena pandemi. Namun itu bukan berarti tidak bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan saat menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Membuat sesuatu yang kreatif bisa jadi pilihan. Seperti kegiatan menggambar dan mewarnai maupun membuat craft/prakarya.

Ini yang disadari produsen alat tulis, Faber-Castell melalui produk terbarunya, Creative Art Series. Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen mengatakan jika produk ini merupakan jawaban bagi para orang tua untuk bereksplorasi bersama.

"Produk ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan tidak hanya bagi anak, namun orang tua/keluarga dan juga dewasa, termasuk para tenaga pengajar, hal ini karena sudah di sesuaikan dengan Kurikulum 2013," ujar dia.

Richard menambahkan di kondisi pandemik saat ini di mana anak banyak menghabiskan waktunya hanya melalui pendidikan secara daring/online, sehingga banyak waktu yang di hanya digunakan bermain games, menonton tv, bahkan bermain sosial media.

Sehingga kebutuhan anak untuk mendapatkan pendidikan yang bernilai positif dan tentunya memiliki unsur kreativitas, terabaikan.

Psikolog Perkembangan Universitas Gadjah Mada, Dr.Aisah Indati, M.S., Psikolog menambahkan bahwa masa kanak-kanak merupakan masa bermain, dimana pada masa itu merupakan masa keemasan (golden period).

Pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar, supaya anak mengalami perkembangan yang optimal.

"Perkembangan yang optimal, akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti misalnya stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan," jelas dia.

Produk Creative Art Series Faber-Castell dinilai cocok digunakan bagi anak-anak usia pra sekolah hingga anak-anak usia sekolah dasar. Produk tersebut dapat untuk menstimulasi perkembangan anak, dalam hal pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bounding Keluarga

Aisah Indati menjelaskan, pengamatan yang dimaksud, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada dalam produk Creative Art Series Faber-Castell. Hal ini akan memacu inisiatif dan kreativitas anak.

Dari sisi emosi dan sosial yakni saat anak bereksplorasi dengan produk, salah satunya melalui proses mencampur berbagai macam warna, hal tersebut mengasah kepekaan emosi (yang melibatkan kreativitas dan inisiatif), serta interaksi sosial anak.

Sementara stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, craft, maupun kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak, ungkap Indati.

Indati menambahkan kecerdasan emosional anak, amat memegang peranan penting tidak hanya untuk saat ini namun juga di kehidupannya dimasa depan.

Hal itu dapat di raih melalui lingkungan yang sehat, mendukung serta diberikan stimulasi-stimulasi salah satunya melalui kegiatan menggambar dan mewanai.

Dalam teori kecerdasan emosional di bukunya yang berjudul Buku Handbook of Intelligence, Goleman menjabarkan Ddngan kecerdasan emosional yang baik, hal tersebut pada akhirnya mendorong lahirnya kemampuan dalam ,emahami emosi diri, mengelola emosi,memotivasi diri sendiri, memahami emosi orang lain serta memelihara hubungan, tutup Indati

 Richard menjelaskan, bahwa Faber-Castell Creative Art Series, untuk saat ini terbagi menjadi 6 produk yakni Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite, dan Air Jet Sport Car.

Melalui produk ini, diharapkan kembali dapat kembali menumbuhkan bonding di keluarga, interaksi antara anggota keluarga, dan juga sebagai stress relief serta karya yang di hasilkan bisa dipajang/disimpan sehingga bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan menjadi memori yang baik bagi anak.

Hal unik lainnya dari produk Creative Art Series ini adalah setiap pembeli berhak mengikuti workshop Faber-Castell yang berkaitan dengan jenis produk yang dibeli secara cuma-cuma.

Biasanya workshop seperti ini berbayar dari Rp 60.000,- sampai Rp. 150.000,- ini menunjukkan komitmen Faber-Castell untuk memberdayakan masyarakat dalam berkreasi seni dan bukan sekadar menjual produk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini