Sukses

Begini Alasan Tidak Boleh Tidur Siang Terlalu Lama

Liputan6.com, Jakarta Ketika terasa lelah dengan segala kegiatan, tidur merupakan salah satu obatnya. Apalagi saat siang hari, tidur siang dengan durasi waktu tidak cukup lama mungkin akan membuat badan kembali segar. Berbeda ketika Anda tidur siang dengan waktu yang lama. Ternyata jika Anda tidur siang berlebihan justru tidak baik.

Ketika Anda berada di situasi sedang merasa stres secara fisik atau mental, tidur bisa membantu Anda memulihkan keadaan seperti itu. Menurut laporan suatu penelitian, tidur siang dapat membantu meningkatkan ketangkasan mental.

Studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal General Psychiatry yang meneliti pola tidur sebanyak 2.214 orang dengan rentang usia 60 tahun ke atas. Penelitian tersebut dilakukan di beberapa kota besar di China, termasuk Beijing dan Shanghai.

Di antara jumlah tersebut, sebanyak 1.534 orang tidur siang secara teratur dengan durasi 5 dan 2 jam, sementara sisanya sebanyak 680 orang tidak melakukannya. Selanjutnya para peserta melakukan tes skrining demensia untuk menemukan perbedaan yang signifikan.

Akhirnya studi tersebut mengatakan, selain mengurangi rasa kantuk, tidur siang pun ternyata bermanfaat untuk peningkatan fungsi eksekutif dan stabilitas emosional, namun efek tersebut tidak diamati di setiap kasus.

Di samping itu, penulis studi tersebut juga membuat penelitian untuk mengetahui apakah tidur siang bisa untuk mencegah demensia atau penurunan kognitif pada orang tua ataukah itu mungkin hanya gejala demensia.

Sara Imariso, Kepala Penelitian di Alzheimer’s Research UK mengatakan, “Para ilmuwan terus berupaya mengungkapkan hubungan tersebut.”

Dalam studi ini pun, para ilmuwan tidak menemukan bahwa tidur siang dapat secara langsung memengaruhi memori dan pemikiran atau tidak.

“Sementara penelitian lain menunjukkan hubungan antara perubahan kualitas tidur. Beberapa penelitian juga ikut mengamati faktor terkait tidur siang,” ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Alasan Tidur Siang Berlebihan Tak Baik

Tidur siang sebelumnya dikaitkan dengan produktivitas yang lebih baik, untuk mengurangi stres dan memberi manfaat kesehatan lainnya. Namun, jika melakukannya berlebihan tentu justru akan berbahaya. Seperti kita ketahui, segala yang berlebihan memang tidak baik.

Sekalipun Anda memiliki banyak waktu senggang di siang hari, tetap saja itu tidak baik. Mengapa tidak baik? Berikut ini penjelasannya, seperti melansir laman Timesnownews.

1. Karena akan mengacaukan siklus tidur

Salah satu alasan utama tidak boleh tidur siang berlebihan adalah kemungkinan siklus tidur Anda akan berantakan.

Ketika Anda sudah tidur seharian penuh, waktu malam hari pasti Anda akan merasakan mata yang segar dan tidak terasa mengantuk sedikitpun. Hal itu akan jadi kebiasaan jika sering dilakukan. Jam tidur Anda jadi berantakan akibat begadang di malam hari.

2. Bisa membuat malas

Meski ini cukup subjektif, biasanya orang yang tidur siang dengan waktu yang lama akan terasa lebih malas untuk melakukan aktivitas lagi. Justru tidur siang dengan waktu yang relatif cepat akan membuat Anda lebih berenergi.

3. Dapat meningkatkan peradangan

Ternyata tidur siang yang berlebihan dapat meningkatkan peradangan pada tubuh, termasuk bagian organ vital, seperti jantung. Hal itu akhirnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan hati. Oleh karena itu, sebaiknya tidurlah yang cukup dan jangan berlebihan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

 

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah