Sukses

Kenali Asam Hyaluronic untuk Bahan Perawatan Anti Penuaan

Salah satu unsur yang dapat membuat kulit terlihat awet muda adalah adanya hidrasi atau kelembapan pada kulit.

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kulit wajah ikut mengalami perubahan. Salah satu yang terlihat adalah penuaan. Saat ini, proses penuaan kulit dan cara merawatnya menjadi fokus penelitian dermatologis selama beberapa tahun terakhir.

Beberapa produk mungkin sudah dikenal oleh masyarakat, seperti retinol, vitamin C, peptida, vitamin B3 atau asam alfa hidroksil, dan berbagai jenis perawatan kulit dan perawatan dari dokter. Produk-produk tersebut sudah terkenal dengan khasiatnya yang dapat memperlambat proses penuaan.

Di samping itu, saat ini rupanya telah muncul jenis baru yang dinilai berkhasiat dapat memperlambat proses penuaan. Dia adalah asam hialuronat.

Asam tersebut merupakan ramuan perawatan kulit terbaru yang cukup menarik industri perawatan kulit dan kecantikan serta para konsumen. Kandungan tersebut tersebar di berbagai produk mana pun saat ini, termasuk dalam krim pagi dan malam hingga serum anti penuaan.

Asam hialuronat merupakan zat utama yang digunakan untuk pengisi kulit yang berfungsi untuk menambah volume yang hilang.

Kiran Sethi Lohia, dokter kecantikan menjelaskan, sakarida atau gula yang merupakan bahan alami dalam asam hialuronat (HA) telah menjadi beberapa perhatian karena memiliki khasiat yang bagus untuk kulit.

HA dinilai dapat memperkuat berbagai fungsi dan mendukung fungsi matriks ekstraseluler yang mampu menahan kekencangan kulit.

Kedua elemen penting dari struktur tersebut adalah kolagen dan elastin, protein perancah kulit yang mampu membuat kulit kencang. Oleh karena itu, HA sangat berperan penting dalam pemenuhan kolagen dan elastin tersebut serta untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

Melansir laman Times of India, HA juga merupakan zat hidrofilik yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelembapan. Faktanya, dalam satu molekul HA dinilai dapat menahan kelembapan berkali-kali lipat. Karena kualitasnya tersebut, HA juga sangat berperan dalam hidrasi kulit.

Seperti yang sudah diketahui, salah satu unsur yang dapat membuat kulit terlihat awet muda adalah adanya hidrasi atau kelembapan pada kulit. Karena itu, kulit yang mengalami penuaan bisa disebabkan dari kulit yang kering dan kusam akibat hidrasi.

Kandungan HA secara alami ditemukan dalam lapisan kulit. namun, seiring bertambahnya usia, kulit mengalami penipisan cadangan gula yang berharga seperti HA tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya isikan kembali cadangan HA yang telah hilang dengan perawatan kulit menggunakan produk yang mengandung HA tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produk seperti apa yang mengandung asam hialuronat?

Sebenarnya kandungan HA sudah terdapat di berbagai produk perawatan kecantikan. Kandungan tersebut sudah banyak ditemukan dalam rangkaian krim pelembab dan produk anti penuaan.

Namun, setiap produk berbasis HA memiliki perbedaan karena tujuan pencapaian kecantikan yang berbeda pula. Jadi, itu semua tergantung pada produk sepeti apa yang Anda butuhkan untuk kulit.

Jika Anda membutuhkan produk yang memberikan kelembapan dan kecerahan pada kulit yang dehidrasi dan kering, krim serta serum berbasis HA akan membantu.

Serum berbasis HA akan membantu membuat kulit bertekstur lembut dan halus. Di beberapa kasus, serum tersebut juga mampu mengisi garis halus dan tanda awal penuaan.

Namun, jika Anda menginginkan produk anti penuaan dari produk berbasis HA, Anda dapat menggunakan prosedur anti penuaan yang berbasis HA dengan kandungan HA yang sangat murni untuk mencapai perubahan biologis kulit.

Biasanya cara tersebut dilakukan dengan penyuntikan ke beberapa titik wajah untuk mengatasi penuaan. Dengan begitu, prosedur tersebut dinilai dapat meningkatkan pembentukan kolagen serta elastin protein perancah sehingga dapat melembapkan kulit. Anda bisa memilih beberapa cara dan produk sesuai dengan keinginan.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.