Sukses

Para Wirausaha Wajib Lakukan Gaya Hidup Ini Agar Tetap Sehat

Tips gaya hidup wirausaha yang lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Dibutuhkan banyak dedikasi untuk membangun bisnis yang sukses. Anda harus mau bekerja lebih keras daripada orang lain untuk mendorong diri sendiri ke batas kemampuan maksimal. 

Ada kerugian dalam menjalani gaya hidup ini, dan banyak pengusaha cenderung mengabaikan pentingnya kesehatan. 

Jadwal yang menuntut seorang wirausahawan pada dasarnya tidak pernah ada jeda, yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan seseorang.

Melansir dari laman entrepreneur, berikut beberapa tips untuk gaya hidup wirausaha yang lebih sehat. Apa gunanya sukses jika kesehatan tidak memungkinkan Anda untuk menikmatinya?

1. Jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian

Berolahraga setiap hari membuat pikiran segar dan  membuat lebih bahagia. Mempertahankan pola pikir dan pandangan positif adalah kunci utama kesuksesan. 

Dengan semua rintangan dan tantangan yang dihadapi setiap hari, setiap sisi harus disambut dengan tangan terbuka.

Berolahraga di pagi hari sebelum memulai bekerja membuat Anda memiliki kerangka berpikir yang benar untuk menghadapi apa pun yang menghadang. 

Ada lebih banyak manfaat berolahraga bagi wirausahawan, termasuk keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dan keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik.

Tidak masalah jika berolahraga di pagi, siang atau malam hari. Temukan waktu untuk melakukannya dan jadikan itu sebagai prioritas sehari-hari.

2. Makan sehat

Makan sehat adalah salah satu cara termudah untuk menjalani hidup yang lebih sehat, dan bahkan perubahan terkecil pun dapat membuat perbedaan besar. 

Misalnya, berhenti minum soda dan menggantinya dengan air adalah salah satu cara tercepat untuk mengurangi asupan gula dan menurunkan berat badan.

Daripada makan di luar atau memesan saat makan siang, masaklah makanan bergizi. Anda masih bisa meluangkan waktu untuk melepas lelah saat istirahat, melakukannya dengan makanan super padat nutrisi, seperti kangkung, daripada membeli makanan siap saji seperti burger keju dan kentang goreng.

3. Temukan rutinitas yang cocok dan pertahankan

Menjaga jadwal yang teratur sangat bagus untuk tetap berada di jalur dan meminta pertanggungjawaban diri sendiri. Ketika hari dipetakan dan tahu persis apa yang harus diselesaikan, Anda akan dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dan mencoret tugas dari daftar tugas dengan cepat.

Bagian tersulit adalah melakukannya setelah beberapa saat, tubuh akan menjadi terbiasa dengan rutinitas yang ditetapkan, membuatnya semakin mudah seiring berjalannya waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Luangkan waktu untuk melepaskan diri dari bisnis dan bersantai

Menjalankan bisnis memang membuat stres dan itu tidak dapat disangkal. Jika tidak meluangkan waktu untuk bersantai dan melepas penat sesekali, Anda akan mengalami kelelahan yang ekstrim. 

Banyak pengusaha berpikir mereka harus bekerja tanpa henti dan menghabiskan waktu yang melelahkan. Itu benar, tetapi harus tahu kapan waktunya untuk bersantai dan menyegarkan diri.

Sisihkan waktu dalam jadwal mingguan untuk menyalurkan hobi. Pergi ke lapangan golf, pergi memancing, menonton film, atau melakukan apa pun yang membuat rileks. 

Waktu bersama keluarga juga merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri sejenak. Selain itu, jangan takut untuk berlibur sesekali. Waktu luang bisa sangat bermanfaat untuk memperbaharui diri.

5. Belajar mengelola stres

Stres hampir tidak mungkin dihindari sebagai seorang wirausahawan, tetapi itu bisa dikelola. Penting untuk mempelajari cara mengontrol bagaimana Anda membiarkannya memengaruhi pola pikir dan proses pengambilan keputusan. 

Stres tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan pribadi, tetapi juga dapat berdampak negatif bagi bisnis Anda jika dibiarkan. 

Stres bisa merusak hubungan klien, baik saat ini maupun yang potensial, jika dibiarkan. Stres adalah hal terakhir yang dibutuhkan bisnis, jadi belajarlah untuk mengelolanya dan jauhkan selama waktu-waktu penting.

Stres tidak berkurang dengan lebih banyak kesuksesan, seperti yang banyak orang pikirkan. Faktanya, seringkali sebaliknya, dan itu tidak akan pernah hilang seluruhnya, jadi pelajari cara mengelolanya sebaik mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.