Sukses

Cara Tingkatkan Penglihatan Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Melakukan pekerjaan dari rumah telah meningkatkan banyak waktu manusia untuk berada di depan layar. Dengan beban kerja yang meningkat dan tidak ada tempat untuk pergi, kita semua menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton layar.

Jika Anda juga seseorang yang siangnya dimulai dan malamnya diakhiri dengan melihat layar ponsel atau laptop, maka mungkin akan segera menderita penyakit mata dan kelelahan mata. Anda akan terkejut mengetahui bahwa cahaya biru berbahaya yang dipancarkan dari smartphone dapat mempercepat kebutaan.

Tetapi kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penglihatan. Melansir dari Times of India, berikut saran senam mata mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penglihatan.

Palming

Palming adalah latihan ringan yang mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan penglihatan. Untuk melakukan latihan, cukup gosokkan kedua telapak tangan Anda untuk menghasilkan panas. Kemudian dengan lembut letakkan telapak tangan di mata selama beberapa detik dan ulangi 5-7 kali.

Mata bergulir

Mata bergulir adalah olahraga lain mudah yang dapat Anda lakukan kapan saja. Mulailah dengan memutar mata searah jarum jam selama beberapa menit. Istirahat dan putar mata berlawanan arah jarum jam. Ulangi 5 kali.

Memfokuskan kembali

Memfokuskan kembali adalah latihan yang harus dilakukan saat terus bekerja menghadap laptop. Pada interval tertentu, pandangan menjauh dari layar dan fokus pada objek yang jauh. Lihat telapak tangan Anda dan sekali lagi fokus pada objek yang jauh. Ulangi 5 kali.

Berkedip

Berkedip adalah hal yang alami bagi kita. Namun untuk olah raga berkedip, Anda perlu memiliki dinding kosong tepat di depan. Mulailah dengan menutup mata selama 2 detik, lalu buka dan berkedip cepat selama 5 detik. Ulangi 5-7 kali.

Aturan 20-20-20

Saat bekerja di depan komputer atau menonton serial favorit di ponsel, setiap 20 menit, lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips

Makan dengan benar juga dapat membuat perbedaan besar pada penglihatan Anda. Makan makanan kaya antioksidan yang meliputi sayuran hijau, kuning telur, paprika kuning, ubi jalar, labu, dan wortel.

Sayuran kuning dan hijau juga membantu mencegah pembentukan makula, yang bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Sertakan ikan dalam makanan atau kapsul minyak ikan untuk mencegah pembentukan katarak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini