Sukses

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Perlu Dihindari

Liputan6.com, Jakarta Sarapan di pagi hari merupakan suatu hal yang sudah menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Sarapan merupakan hal terpenting pula yang sering dilakukan bagi beberapa orang sebelum memulai kegiatan.

Namun, di beberapa orang pun masih ada yang merasa bahwa dia tak perlu sarapan karena berpikir telah berisitirahat sepanjang malam. Padahal otak dan tubuh bukan berarti mati, justru saat seperti itu tubuh bisa membakar energi saat sedang tidur.

Ditemukan ada berbagai alasan mengapa beberapa orang masih melewatkan waktu untuk sarapan. Melansir laman magforwoman, Selasa (5/1/2021), berikut ini beberapa kesalahan dari seseorang yang dilakukan saat sarapan dan patut untuk dihindari.

1. Tidak sarapan pagi

Anda perlu menghindari poin pertama ini. Tidak ada alasan apa pun untuk tidak sarapan. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu di pagi hari, pikirkan makanan yang akan Anda konsumsi untuk sarapan esok harinya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi memikirkan ingin makan apa di pagi harinya. Selain itu, sediakan pula jus dan sereal. Hal itu lebih baik karena akan mempermudah Anda untuk sarapan di pagi hari sewaktu-waktu tidak memiliki banyak waktu.

2. Makan terlalu banyak

Saat Anda sarapan, bukan berarti Anda makan layaknya orang yang belum makan berhari-hari. Sarapan memang sehat dan merupakan suatu keharusan.

Di samping itu, bukan berarti Anda harus makan dengan porsi yang lebih banyak. Hal tersebut justru akan menimbulkan rasa kantuk sebelum Anda memulai kegiatan.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Mengonsumsi makanan dengan menu yang sama setiap pagi

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan untuk sarapan dengan menu yang sama setiap harinya. Sediakanlah sereal atau jus untuk Anda konsumsi ketika sedang terburu-buru. Karena dengan menu yang sama setiap hari, dapat membuat tubuh kehilangan nutrisi yang bisa didapatkan dari hal lain.

 4. Buru-buru minum saat sarapan

Tentunya makanan perlu dikunyah dengan benar agar mudah diolah saat di dalam organ pencernaan. Dengan Anda meminum jus atau air secara segera, justru akan membuat Anda tersedak. Selain itu, dapat memperlambat proses pencernaan. Makanlah dan minumlah secara perlahan dan tidak usah terburu-buru.

5. Makan sambil berjalan

Selain berisiko makanan akan tumpah, dengan makan sambil berjalan atau berlari dapat menghabiskan seluruh energi yang didapatkan dengan cara berjalan atau bahkan berlari. Dengan begitu, Anda cenderung akan lebih sering ingin makan siang.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini