Sukses

Cara Maskapai Japan Airline Kembali Layani Penerbangan di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Maskapai Japan Airline (JAL) meluncurkan layanan baru untuk bisa kembali melayani penerbangan penumpang di tengah pandemi Covid-19.  Program yang disebut JAL COVID-19 Cover merupakan bagian dari program JAL FlySafe.

Ini menawarkan cakupan layanan Covid-19 secara gratis untuk penumpang yang akan melakukan penerbangan internasional. Hal itu merupakan suatu gebrakan baru dan pertama di Jepang.

Karena merupakan bagian dari JAL FlySafe, JAL COVID-19 Cover memberikan jaminan dan dukungan kepada penumpang dengan kebutuhan perjalanan selama pandemi global. Layanan tersebut baru disediakan oleh Allianz Travel.

Hal itu menjadikan Japan Airlines sebagai maskapai pertama dari Jepang yang mampu memberi perlindungan dengan total hingga EUR 150.000.

Dana tersebut tentunya untuk biaya medis yang mencakup dari biaya tes awal COVID-19 dan biaya perawatan medis lanjutan bagi mereka yang saat dites mengalami positif COVID-19 selama perjalanan.

“Seiring dengan penerbangan internasional yang secara bertahap kembali beroperasi, JAL Group menerapkan langkah-langkah penting terhadap COVID-19 untuk memberikan perjalanan yang aman dan terjamin bagi para penumpang,” ujar Managing Executive Officer Passenger Sales, Japan Airlines, Hideo Ninomiya.

Selain itu, ada juga layanan tambahan untuk biaya isolasi dan repatriasi yang bisa diperoleh bagi mereka yang membutuhkan setelah didiagnosa positif COVID-19. Pusat panggilan global akan melayani selama 24 jam.

Layanan tersebut bisa digunakan dalam bahasa Inggris dan Jepang. Mereka bersedia untuk membantu pelanggan yang sudah menunjukkan gejala dan akan memberikan ketenangan lebih lanjut selama perjalanan. Layanan terkait JAL COVID-19 Cover tersebut akan mulai beroperasi terhitung sejak 23 Desember 2020.

“Kami akan memanfaatkan pengalaman kami yang luas dalam bantuan darurat yang akan kami lakukan serta jaringan medis global kami untuk mendukung penumpang yang terkena dampak COVID-19,” ujar Patricia Moon, CEO AWP Japan Co., Ltd., anggota Allianz Partners Group.

Saat ini JAL terhitung telah mengoperasikan sebanyak 6 penerbangan selama seminggu. Penerbangan itu dilakukan antara Jakarta dan Tokyo Narita.

Selain itu, JAL pun menawarkan koneksi di hari yang sama ke kota-kota besar di Amerika Utara, seperti Los Angeles, Boston, dan Vancouver.

 

 

2 dari 2 halaman

Layanan Lainnya

JAL juga menyediakan layanan tambahan gratis seperti perubahan tanggal reservasi tanpa batas dan tanpa biaya.

Penumpang dapat menikmati perubahan tanpa batas pada tanggal reservasi mereka untuk tiket yang dibeli dari 11 Juni 2020 hingga 31 Maret 2021 pada semua tarif internasional yang berlaku saat ini, terlepas dari aturan tarif standar.

Selain reservasi tanpa batas, JAL juga menyediakan diskon khusus untuk layanan mobil pribadi bandara. Pemerintah Jepang telah menerapkan langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran COVID-19 dengan membatasi penumpang dari luar negeri untuk menggunakan transportasi umum dari bandara ke tempat isolasi mereka setibanya di Jepang.

Karena itu, penumpang dapat memilih untuk menyewa layanan mobil pribadi. Penumpang yang telah membeli tiket First Class dan Business Class dan tiba antara 23 November 2020 dan 31 Januari 2021 akan ditawarkan diskon khusus untuk menggunakan layanan mobil pribadi MK Group.

Terakhir, JAL juga menyediakan layanan Priority Family Service. Yang di mana JAL menawarkan layanan spesial kepada penumpang yang bepergian untuk bisnis di luar negeri, kembali dari kantor di luar negeri, dan bepergian untuk melihat anggota keluarga yang bekerja di luar negeri antara 16 November 2020 hingga 31 Mei 2021.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati