Sukses

5 Kiat Berhasil Menjalani Kelas Daring

Liputan6.com, Jakarta Akibat wabah COVID-19 sekolah dan universitas yang tadinya melakukan proses pembelajaran secara tatap muka, sekarang harus bertransisi ke kelas daring.

Proses pembelajaran secara daring tidaklah mudah untuk dilakukan. Apalagi ditambah suasana pembelajaran di rumah dan suasana di sekolah yang sangatlah berbeda.

Anda sebagai siswa dituntut tetap professional untuk melakukan pembelajaran secara daring di rumah, tetapi dalam kenyataannya belajar di rumah itu seperti sedang libur dan penuh tantangan

Godaan seperti menonton televisi, tetap di kasur untuk rebahan sambil mendengarkan pelajaran, makan, tidak ingin mandi dan mengganti pakaian sekolah, dan lainnya.

Bagi Anda yang mengalami hal seperti di atas dan ingin mengetahui apa saja sih tips agar bisa tetap semangat walaupun belajar secara daring di rumah?

Melansir dari yourtango, Minggu (23/08/2020) berikut tips sukses dan tetap fokus untuk melaksanakan kelas online yang bisa Anda ikuti, disimak ya:

2 dari 2 halaman

Tips sukses dan tetap fokus

1. Temukan area belajar di rumah

Langkah pertama untuk berhasil dan fokus adalah menentukan dan menemukan satu tempat di rumah untuk melaksanakan kelas daring.

Carilah tempat yang tenang, bersih dan jauh dari gangguan untuk membantu Anda tetap berkonsentrasi.

2. Membuat catatan untuk mengatur diri sendiri

Setelah kelas daring selesai dan Anda memiliki banyak waktu luang gunakan kesempatan tersebut untuk membuat catatan pelajaran yang bagus dan merencanakan jadwal untuk beberapa hari kedepan dengan menggunakan pena warna warni. Sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

3. Meminta bantuan dari teman

Gunakan media sosial untuk tetap terhubung dan merencanakan waktu belajar dengan teman Anda. Lakukan belajar bersama sebelum ujian ataupun saat sedang membuat tugas.

4. Bersikap nyaman

Penting untuk mencari dan memperhatikan postur tubuh untuk kenyamanan Anda saat kelas sedang berlangsung.

Manfaat terbaik dari belajar secara daring adalah Anda bisa berada di situasi yang nyaman ketika berada di rumah.

5. Ikuti kelas daring secara serius

Tugas, kuis, ujian, pelajaran pada saat kelas daring akan tetap sama dengan kelas bertatap muka langsung.

Sehingga penting bagi Anda untuk tetap menjaga fokus dan serius memperhatikan guru agar kelas dapat berjalan dengan lancar seperti saat pembelajaran di sekolah

Reporter: Tasya Stevany