Sukses

Inilah 9 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Jahe adalah salah satu tanaman alami yang masih digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional berbagai budaya di seluruh dunia.

Jahe mengandung lebih dari dua belas antioksidan yang berbeda, sehingga bisa menjadi makanan pokok bagi Anda yang ingin hidup sehat.

Selain itu jahe juga mengandung protein, minyak atsiri, vitamin C, silicon, mangan, besi dan fosfor. Juga bisa dikonsumsi dalam pada saat mentah, digiling menjadi teh, dan ditambahkan ke masakan sebagai penyedap.

Tetapi apakah Anda mengetahui apa saja manfaat dari mengkonsumsi jahe? Mengutip dari yourtango, Selasa (18/08/2020) berikut 9 manfaat dari jahe yang Anda konsumsi, disimak ya.

1.  Membantu mengurangi sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan kronis

Jahe dipercaya bisa mempercepat pengosongan lambung untuk mengobati gangguan pencernaan. Jahe juga dapat meredakan mual dan menenagkan peradangan perut.

2.  Jahe adalah pereda nyeri alami

Sifat anti peradang yang dimiliki oleh jahe dapat membantu menenangkan sendi yang kaku, otot yang sakit bahkan dapat meredakan gejala artritis dan osteoarthritis.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, oleskan jahe yang telah dihancurkan dan masukkan ke dalam air hangat lalu oleskan ke dahi.

3. Melindungi dari penyakir Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap.

Jahe dapat mencengah hilangnya sel-sel otak yang biasanya merupakan efek pertama dari penyakit ini.

 

2 dari 2 halaman

4. Menghentikan mual

Selain dapat diminum pada saat Anda mabuk perjalanan jarak jauh. Jaeh juga dapat meredakan muntah dan mual pada pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi serta morning sickness pada ibu hamil.

5. Jahe membantu membersihkan sinus

Jahe mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi sinus berfungsi untuk melepaskan sumbatan dan meningkatkan drainase.

6. Membantu mencengah kanker

Jahe dapat membantu mencengah kanker juga dapat mengobati kanker termasuk kanker prostat dan ovarium.

7.  Mengobati kram pada saat menstruasi

Jahe terbukti dalam meredakan kram yang timbul akibat menstruasi. Konsumsilah jahe 3 hari sebelum Anda menstruasi maka dapat mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi.

8. Menurunkan resiko penyakit jantung

Meskipun penelitian baru menemukan bahwa bubuk jahe dapat menurunkan gula darah sebesar 12 persen tetapi masih diperlukan klaim yang mendukung.

9. Penurunan kadar kolesterol

Meskipun banyak sekali manfaat the jahe, akar jahe, bubuk jahe, penting untuk mengetahui seberapa banyak yang harus dikonsumsi.

Perlu diingat jika mengonsumsi jahe dalam dosis kecil tidak memiliki efek samping. Namun Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi melebihi 5 gram jahe per hari.

Banyaknyah jahe yang Anda konsumsi setiap harinya tergantung pada untuk hal apa Anda mengkonsumsi jahe tersebut misalnya

·      Untuk radang sendi hanya boleh mengonsumsi 2 gram per hari yang dibagi menjadi 3 dosis.

·      Untuk wanita hamil sebaiknya tidak lebih dari 1 gram per hari.

·      Untuk anak-anak berusia 2-6 tahun mengonsumsi tidak lebih dari 2 miligram jahe per hari

 

Reporter: Tasya Stevany