Sukses

3 Kegiatan Harian Untuk Menghindari Stres di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Akibat pandemi, kita belum bisa bebas keluar rumah dan menghabiskan waktu luang hanya di rumah. Kadang stres melanda karena tidak melakukan hal apapun, salah satu solusi untuk magatasinya yaitu olahraga.

Sebelum melakukan latihan apa pun di rumah, pertimbangkan langkah-langkah stretching atau pemanasan ini untuk menurunkan tingkat stres dan mempersiapkan tubuh Anda untuk bergerak yang dilansir dari lifehack.org:

1. Meditasi harian

Meditasi selama 3-10 menit hal pertama setiap pagi. Di saat-saat seperti pandemi saat ini, praktek menghilangkan stres adalah kunci untuk kesehatan dan kebugaran sejati. 

Meditasi telah terbukti berulang kali untuk membantu orang mengatasi stres, kecemasan, dan depresi. Dengan begitu banyak ketidakpastian, memulai latihan meditasi setiap hari akan membantu Anda mengatasi kebosanan dan stress.

Cobalah meditasi sendiri setiap pagi dan / atau gunakan aplikasi seperti Headspace, yang saat ini menawarkan layanan gratis selama wabah coronavirus.

2. Mandi air dingin

Ingin ledakan positif di pagi hari? Mandi air dingin selama 30 menit. Kegiatan ini dapat menyingkirkan semua pikiran yang ada di kepala Anda. Dingin, hanya itu yang bisa Anda pikirkan, tetapi setelah 30 menit akan merasa luar biasa. 

Mandi air dingin telah terbukti memiliki manfaat luar biasa seperti mengurangi stres, meningkatkan ketahanan dan kemauan, dan meningkatkan kehilangan lemak. 

 

2 dari 3 halaman

3. Jalan Kaki

Lakukan kurang lebih 10.000 langkah per hari. Jika Anda bisa keluar di sekitar tempat tinggal, lakukan 10.000 langkah per hari. 

Berjalan berfungsi sebagai cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran Anda, mengelola stres, dan menjaga agar lemak tidak bertambah.

Ini mungkin kedengarannya bukan masalah besar, tetapi mendapatkan sekitar 10.000 langkah per hari dapat membakar sebanyak 500 kalori. Diambil selama seminggu, itu 3.500 kalori, atau jumlah kalori yang sama dalam satu pon lemak.

Jalanlah di pagi hari. Berjalan sambil melakukan rapat di telepon. Berjalan setelah makan. Berjalan sambil mendengarkan podcast. Waktu berjalan tidak harus waktu mati.

Saran:

Saat Anda berjalan-jalan, tekan lidah Anda ke langit-langit mulut dan bernapas melalui hidung. Pernapasan hidung memiliki banyak manfaat termasuk ekstraksi oksigen yang lebih baik (yang dapat menyebabkan lebih banyak energi), menjaga pH seimbang dalam tubuh Anda melalui pemecahan karbon dioksida yang lebih baik, dan penurunan aktivitas saraf dalam sistem saraf simpatik.

Sistem saraf simpatik membangkitkan tubuh (respons melawan atau lari). Ketika stres yang tinggi, kortisol meningkat, yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan penambahan lemak, dan mengurangi penambahan otot. Singkatnya: Pernafasan hidung mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan Anda.

Reporter: Erna Sulistyowati

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: