Sukses

6 Trik agar Anak Mau Belajar Saat Sekolah di Rumah

Selain bekerja di rumah, anak-anak sekolah pun dianjurkan belajar di rumah dengan cara online dengan menggunakan platfrom telepon video yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia membuat masyarakat untuk melakukan segala pekerjaan di rumah dan tidak boleh berpergian jika tidak dalam keadaan mendesak.

Selain bekerja di rumah, anak-anak sekolah pun dianjurkan belajar di rumah dengan cara online dengan menggunakan platfrom telepon video yang ada.

Dengan proses pengajaran yang baru membuat pengajaran tidak mudah untuk dilakukan dan menjadi terhambat.

Hambatan yang terjadi adalah internet yang lambat, anak-anak merasa sedang libur karena faktor belajar dari rumah , kurangnya konsentrasi, harus dikontrol dari rumah oleh orang tua, dan masih banyak lagi.

Namun cara yang benar untuk semua jenis pelajaran adalah dibutuhkan latihan, dan pengulangan terhadap materi pelajaran yang sudah diberikan.

Apa saja sih Langkah agar anak tetap memiliki semangat belajar yang sama dengan pada saat di sekolah?

Michael Twersky (pendiri Empire Prep, layanan bimbingan belajar dan persiapan ujian) berbagai 6 pengingat sederhana yang bisa diterapkan bagi orang tua untuk keberhasilan Pendidikan anak di rumah selama kelas online yang dikutip dari CNBC:

1. Segarkan pengetahuan

Bagi Anda orang tua yang sudah sedikit lupa pelajaran di sekolah, Anda mungkin perlu untuk menyegarkan pengetahuan untuk beberapa topik pengajaran.

Dan jangan ragu untuk menghubungi guru anak Anda untuk meminta kunci jawaban yang lebih lengkap.

2. Buatlah dan patuhilah rutinistas belajar yang terstruktur

Anak-anak juga berkembang dalam struktur dan konsisten. Sehingga dengan melakukan hal tersebut dapat membuat anak Anda menjadi tetap fokus dan berkomitmen untuk belajar dan menaatinya.

3. Atur sistem hadiah

Hadiah yang dimaksud ditentukan dengan kesukaan dari anak Anda masing-masing. Hadiah ini sendiri berfungsi agar anak memiliki semangat untuk belajar karena memiliki satu tujuan selain mengerti pelajaran tetapi juga mendapatkan hadiah dari orang tuanya.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jangan langsung memberitahukan jawaban atas pertanyaan yang anak tanyakan

Tujuannya adalah untuk membimbing anak Anda ke arah yang benar dan dapat memecahkan suatu masalah dari pertanyaan yang ada.

Meskipun proses ini membutuhkan waktu yang lama, tetapi akan membantu meningkatkan kepercayaan diri anak Anda dan memotivasi mereka untuk terus belajar hal baru.

5. Biarkan anak Anda menjadi guru

Tanyakan kepada mereka tentang hal-hal yang mereka pelajari yang membuat mereka bersemangat dan secara tidak langsung untuk melatih daya ingat anak terhadap pelajaran yang sudah anak Anda pelajari.

6. Jadikan belajar sebagai aktivitas yang menyenangkan

Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Bisa menggunakan aplikasi Kahoot! Dimana mereka mengikuti kuis dan bersaing dengan teman sekelas.

Selain itu dengan cara menayangkan film menarik yang berkaitan dengan topik yang sedang mereka pelajari di sekolah.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.