Sukses

Simak, 3 Tips Menyimpan Makanan Matang di dalam Kulkas

Jika suka menyimpan makanan di kulkas, simak Tips berikut

Liputan6.com, Jakarta Jika makanan yang Anda buat ingin disajikan keesokan harinya salah satunya dengan menyimpannya dalam lemari pendingin atau kulkas.

Menyimpan makanan di dalam kulkas tak hanya untuk bahan mentah. Ternyata makanan yang sudah matang pun bisa disimpan dengan baik untuk dikonsumsi kemudian.

Tapi harus diingat bagaimana cara mengolah makanan dan keefektivan kulkas memengaruhi  ketahanan makanan. Berikut cara untuk menyimpan makanan matang dalam lemari pendingin, seperti melansir laman Lifehack, Selasa (31/3/2020).

1. Jangan simpan lebih dari 3 hari

Untuk makanan yang berbahan dasar unggas, seperti ayam dan bebek disarankan untuk tidak disimpan lebih dari 3 hari. Sedangkan untuk sisa makanan yang lain dapat disimpan 3 sampai 5 hari.

Tapi ingat, tetap jaga suhu kulkas agar makanan tetap layak dikonsumsi setelah disimpan.

2. Tunggu sampai makanan tidak panas

Setelah memasak makanan Anda yang ingin disimpan, jangan langsung dimasukkan ke dalam kulkas dalam keadaan yang panas. Tetapi tunggu sampai uap hilang baru masukan ke dalam kulkas.

3. Panaskan makanan

Jika ingin mengonsumsi makanan yang telah disimpan, panaskan terlebih dahulu agar aman dan enak, serta es atau bunga es hilang.

 

Reporter : Tiara Sekarini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intip Isi Kulkas dan Persediaan Makanan Sehat Cinta Laura Selama di Rumah Aja

Selama penerapan work from home (WFH) dan menjalani gerakan "Di Rumah Aja" sebagai upaya mencegah corona COVID-19, ada banyak cerita yang tercipta. Salah satunya datang dari aktris sekaligus penyanyi.

Pelantun Vida ini membagikan apa saja isi kulkas dan persediaan makanan selama berada di rumah saja. Video itu dirangkum dan diunggah melalui channel YouTube pribadinya pada 25 Maret 2020.

"Aku baru aja belanja ke supermarket kemarin, karena banyak orang takut supply bakal kehabisan tapi aku sih rileks aja, I didn't buy too many things," kata Cinta Laura dalam video.

Sembari menuju membuka kulkas bagian atas atau freezer, Cinta menunjukkan ada persediaan ikan salmon, tuna, serta dada ayam. Berlanjut ke kulkas bagian bawah yang dipenuhi beragam minuman sehat.

"I bought a lot of drinks. Aku lagi suka banget beli ini anti-flu shot dan sebenarnya kalian enggak usah beli di supermarket, bikin di rumah juga bisa. Kenapa ini bagus banget buat kalian terbuat dari ekstrak temulawak, lemon, madu, dan jahe," lanjutnya.

Ada pula minuman lain mulai dari black lemon dengan activated charcoal yang memiliki manfaat untuk menawarkan racun, meningkatkan fungsi ginjal, dan menurunkan kadar kolesterol.

"Ada juga minuman omega 3 tinggi dan isinya ada konjac jelly bagus katanya bagus buat nurunin berat. Semua susu-susu yang ada di kulkas aku non-diary alias vegan (terbuat dari lemak nabati seperti kelapa)," kata Cinta Laura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.