Sukses

Hati-hati, Teknologi Ternyata Bisa Merusak Hubungan dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Tanda hubungan yang sehat adalah tidak banyak publikasi di media sosial. Meski terdengar sederhana, ada makna mendalam dalam ungkapan tersebut.

Hal tersebut mengingat teknologi saat ini sangat mempengaruhi hubungan seseorang. Tak diragukan lagi, kecanggihan teknologi telah membuat hidup lebih nyaman dan Anda lebih fokus pada dunia maya.

Tak heran, jika banyak pasangan berpisah lantaran kurang merasa diperhatikan pasangannya. Berikut enam cara teknologi memicu keretakan dalam sebuah hubungan seperti dilansir dari boldsky, Senin (24/2/2020):

1. Memicu salah paham

Saat Anda mengirimkan pesan melalui telepon genggam, yang terkirim hanya kata-kata saja. Seringkali maksud Anda tak sesuai dengan apa yang dikirimkan sehingga dapat memicu salah paham.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam membaca sebuah pesan, dan akibatnya, maksud Anda menjadi tak tersampaikan. Begitulah salah satu cara teknologi dapat mengganggu hubungan Anda.

2. Dunia virtual

Meluangkan terlalu banyak waktu di dunia virtual dapat membuat Anda tidak fokus pada kenyataan. Terutama jika Anda mengabaikan pasangan, demi hubungan lain yang dibina secara virtual di dunia maya.

3. Waktu dengan pasangan berkurang

Kehadiran ponsel pintar, televisi, laptop atau tablet dapat menciptakan jarak bagi banyak pasangan. Tak ada lagi waktu untuk membina kebersamaan lantaran habis dipakai untuk memperhatikan gawai.

Dua orang bersama dan keduanya sibuk melihat gawai merupakan penampakan yang sering ditemui sekarang ini. Waktu yang kurang bersama pasangan tentu saja dapat mengganggu keharmonisan hubungan.

 

2 dari 2 halaman

4. Hidup seperti orang asing

 

Saat dua orang tinggal bersama dan menghabiskan waktu lebih banyak dengan gawai, maka keduanya menjadi orang asing bagi satu sama lain. Semua seperti memiliki dunia masing-masing.

Teman-teman daring Anda bisa menguras lebih banyak perhatian daripada keluarga dan pasangan sendiri.

5. Memicu pertengkaran

Mengirimkan pesan dapat menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk berkomunikasi saat ini. Tapi sayangnya, kesalahpahaman berkomunikasi justru kerap terjadi dan memicu pertengkaran.

Pertengkaran seperti ini dapat membuat hubungan terasa lebih hambar dan membuat Anda renggang dengan pasangan.

6. Kehilangan perasaan

Bicara dengan seseorang, berpegangan tangan, saling pandang, memberikan pelukan, bercanda dan berbagi pengalaman merupakan cara terbaik untuk megungkapkan cinta dan kasih. Tapi semua itu menjadi sulit terealisasi jika Anda lebih banyak berkomunikasi dengan gawai.

Tak ada perasaan dan emosi yang bisa dirasakan pasangan Anda. Jadi gunakanlah teknologi secara bijak sebelum hal tersebut merusak hubungan Anda.