Sukses

Sering Di Bawah Tekanan? Ini Tips untuk Tetap Tenang

Menjaga ketenangan dalam keadaan di bawah tekanan sangat penting.

Liputan6.com, Jakarta Di dunia sekarang ini, stres dan ketegangan menjadi sangat umum. Berbagai peran, tanggung jawab, dan komitmen menambah tekanan yang harus dihadapi agar bisa bertahan hidup di dunia yang sangat kompetitif ini.

Menjaga ketenangan dalam keadaan seperti itu sangat penting, tetapi pada saat yang sama, hal itu juga menjadi salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips untuk tetap tenang dan tenang di bawah tekanan, melansir laman mag for woman, Sabtu (8/2/2020). 

1.    Ambil nafas panjang

Penelitian telah mengungkapkan bahwa ketika marah dan stres, napas menjadi sangat dangkal, dan pada gilirannya menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres.

Selama situasi mencapai ketegangan tinggi, jika kamu bisa membawa fokusmu ke pernapasan dan mengambil napas panjang dan dalam, itu akan membuat saraf tenang dan kamu akan mulai merasa tenang dengan instan.

2.   Alihkan pikiran

Ketika kamu mendapatkan waktu istirahat, berjalan-jalanlah, mendengarkan musik, berolahraga, atau melakukan sesuatu yang berbeda untuk mengalihkan pikiranmu dari masalah yang ada.

Kamu akan kembali segar dan lebih siap untuk menghadapi situasi ini. Jika keluar bukan pilihan, pergilah ke kamar mandi dan cucilah wajahmu atau berjalan naik turun tangga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Optimis

 

Temukan hal positif dan fokuslah pada hal itu. Tidak ada yang lebih baik untuk secara instan mengubah cara kamu berpikir dan merasakan.

Pikiran hal positif dan orang-orang yang akan membantu menenangkanmu secara instan dan membuat kamu menyadari bahwa segala sesuatunya tidak seburuk yang terlihat dan selalu ada jalan keluar.

4. Istirahat

Tidur siang adalah salah satu hal paling menenangkan yang harus dilakukan ketika sedang stres. Sekalipun hanya selama 20-30 menit, kamu akan kagum dengan betapa berbedanya kamu ketika bangun. Tidur memberi istirahat ke otak dan memungkinkanmu untuk melihat sesuatu dari perspektif baru yang segar setelah kamu bangun.

5.  Berdoa

Jika kamu percaya akan adanya kekuatan yang lebih tinggi, mungkin mendapati bahwa doa dapat sangat membantu dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan.

Serahkan saja masalah pada kekuatan yang lebih tinggi dan berdoalah untuk hasil yang tepat. Percayalah bahwa kamu sedang dirawat dan hanya yang terbaik yang akan terjadi padamu.

Tetap tenang adalah penting untuk menjadi sukses dalam semua aspek kehidupan.

Kiat-kiat ini akan membantu kamu tetap tenang saat mengelola rumah, karier, hubungan, keuangan, dan berbagai faktor yang dapat menyebabkan stres.

 

Reporter : Helena Yupita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini