Sukses

Tips Tepat Memilih Arsitek untuk Rumah Idaman

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang ingin membeli atau memiliki rumah pribadi, tentunya akan banyak persiapan yang harus dilakukan agar proyek rumah bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Namun, agar semuanya sesuai dengan idamanmu, kamu harus bisa memilih arsitek yang tepat. Ini dia tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih arsitek terbaik, sebagaimana ditulis dalam Swara Tunaiku!

1. Libatkan Kontraktor yang Akan Membangun Rumahmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam memilih arsitek yang tepat adalah melibatkan kontraktor yang akan membangun rumahmu.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, tentu pihak kontraktor telah memiliki banyak relasi dan pengalaman bekerja sama dengan berbagai arsitek serta jasa desainer interior.

Dengan melibatkan sang kontraktor, ia bisa menerka arsitek seperti apa yang kiranya cocok untuk desain rumah yang kamu inginkan.

Selain itu, dengan menggunakan cara ini, rumah yang dibangun memiliki nilai plus tersendiri karena pada akhirnya diperlukan kerja sama yang baik antara arsitek dan kontraktor agar desain rumah bisa terwujud sempurna.

2 dari 3 halaman

2. Lihat Karyanya

Untuk kamu yang tak familier dengan dunia dan industri arsitektur, kamu bisa memilih arsitek berdasarkan karya yang sudah dibuatnya.

Dari berbagai bangunan indah yang bisa kamu temui inilah kamu bisa memulai mencari tahu siapa sosok arsitek yang berada di balik desainnya. 

Arsitek seperti inilah yang jadi pilihan awal kamu kalau kamu sama sekali buta dengan arsitek yang bagus.

Kamu bisa memutuskan salah satu di antara banyaknya arsitek yang ada untuk membantu mewujudkan proyek rumah idamanmu.

3. Perhatikan Portofolio Arsitek

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan dalam memilih arsitek adalah dengan memperhatikan portofolio dari arsitek tersebut sebanyak-banyaknya.

Cari tahu seberapa jauh lingkup desain yang pernah dikerjakan dan apa gaya dan karakter desain dari arsitek tersebut selaras atau tidak dengan yang kamu kehendaki.

Tak hanya itu saja, dengan melihat portofolio arsitek, kamu juga bisa mencari tahu berbagai informasi tambahan seperti berapa biaya desain dan pembangunan yang harus dikeluarkan hingga berbagai permasalahan yang bisa terjadi dalam mewujudkan proyek tersebut.

3 dari 3 halaman

4. Hemat Boleh, Tapi Jangan Menekan Biaya Berlebihan

Kamu memang harus benar-benar berdiskusi soal biaya jasa arsitek dari awal. Kamu boleh saja hemat dan menawar biaya arsitek yang mengerjakan rumahmu. Namun, ada baiknya kamu mencari tahu informasi rata-rata biaya yang harus digunakan untuk membangun sebuah rumah lebih dulu. Baik itu dari internet ataupun dari orang terdekat.

Ingatlah untuk tidak berlebihan dalam bernegosiasi biaya jasa arsitek yang harus dikeluarkan. Jangan terlalu pelit karena itu bisa berujung pada kualitas desain yang mungkin akan kamu terima.

Jadi, lebih baik mencegah rumah impianmu menjadi tidak sempurna dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan daripada harus ngotot mengeluarkan dana terbatas.

5. Minta Referensi Orang Terdekat

Kalau kamu masih ragu, cobalah untuk meminta referensi dari orang terdekat kamu yang pernah menggunakan jasa arsitek sebelumnya. Apalagi, bila rumah orang tersebut memiliki gaya yang sesuai dengan kemauan kamu. Hal ini perlu dilakukan untuk bisa meyakinkanmu dalam mengambil langkah besar untuk mewujudkan rumah idaman yang kamu impikan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih arsitek untuk wujudkan rumah idamanmu.

Ketika kamu sudah dapatkan arsitek yang tepat untuk membangun rumah idamanmu, tak ayal kamu akan mendapatkan rumah impian itu sesuai dengan keinginan.

Namun ingat, hemat boleh, tapi jangan berlebihan juga agar tak mempengaruhi kualitas bangunan.

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer