Sukses

Tak Melulu Kopi, Minuman ini Bisa Bangkitkan Semangat Pagi

Liputan6.com, Jakarta Pagi hari identik dengan semangat dalam mengawali hari karena biasanya badan cenderung lebih bugar setelah istirahat semalam sebelumnya. Mulai dari bangun tidur, mandi, dan juga sarapan jadi aktivitas rutin setiap pagi.

Biasanya, rutinitas pagi juga tak luput dengan secangkir kopi yang menemani. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi merupakan minuman yang umum diminum pada pagi hari sebagai pemberi semangat.

Hal ini karena kopi mengandung zat kafein yang cukup tinggi agar seseorang merasa lebih aktif. Biasanya aktivitas ngopi bisa dilakuan sebelum berangkat ke kantor atau pagi hari saat Anda masuk kantor.

Meski ngopi bisa membuat Anda semangat dalam bekerja di kantor setiap pagi, nyatanya ada juga efek yang ditimbulkan dari kopi karena kandungan kafeinnya. Misalnya saja sakit kepala dan kecanduan yang cukup serius sehingga menjadi tidak sehat.

Tentu yang seperti ini perlu dihindari, apalagi bagi Anda yang suka ngopi di kafe mahal, bisa saja membuat kantong jebol. Oleh sebab itu, Anda perlu alternatif lain agar bisa semangat pagi tanpa harus minum kopi.

Apa sajakah itu? Jadi, tak melulu kopi, minuman berikut ini ternyata juga membangkitkan semangat di pagi hari, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 6 halaman

1. Minuman Teh dan Variasinya

Selain kopi, minum teh juga bisa membuat semangat tanpa harus meninggalkan kafein dari kopi. Hal ini karena teh juga mengandung kafein meski jumlahnya tak sebanyak kopi.

Beberapa jenis teh juga dikenal memiliki antioksidan sehingga membuat daya tahan tubuh terjaga. Cobalah minum teh sesuai selera misalnya teh melati, teh hitam, atau teh hijau.

Dari beberapa jenis teh kandungan kafein yang lebih rendah relatif aman buat beberapa organ tubuh seperti lambung atau jantung. Selain itu, variasi dari teh juga lebih banyak dan bisa membuat lebih semangat di pagi hari untuk siap beraktivitas.

3 dari 6 halaman

2. Minum Air Putih Sesaat Setelah Bangun Tidur

Karena pada dasarnya manusia itu terdiri atas cairan, maka mengonsumsi minuman penambah cairan tubuh sangat diperlukan apalagi di waktu pagi sesaat setelah bangun tidur. Air putih merupakan salah satu solusi jitu agar pagi Anda lebih bersemangat dan lebih baik setiap hari.

Tanpa air putih yang dikonsumsi setiap pagi terutama saat baru bangun tidur, Anda bisa saja kekurangan cairan dan merasakan gejala seperti pusing dan lemas. Tubuh tanpa carian akan membuat seseorang tidak beraktivitas sebagaimana mestinya.

Hal ini karena air berguna dalam sistem metabolisme tubuh. Maka dari itu, biasakan minum air putih sebelum berangkat ke kantor atau setiap bangun tidur di pagi hari.

Bila perlu Anda juga bisa membawa botol berisi air minum ke kantor agar lebih mudah sewaktu-waktu meminumnya. Dengan ini tentu bisa membuat Anda terhindar dari dehidrasi dan selalu semangat di kantor.

4 dari 6 halaman

3. Melakukan Olahraga Kecil Walau Sebentar

Meski Anda sudah mengonsumsi minuman penambah semangat, jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik pada pagi hari, hasilnya sama saja. Anda perlu melakukan aktivitas fisik sebelum berangkat ke kantor sebagai ‘pemanasan’ agar tubuh biasa bergerak.

Jika Anda melakukan aktivitas fisik dan olaraga meski kecil saja, maka akan memperlancar peredahan darah juga. Jadi dengan aktivitas tersebut, sudah bisa memberi semangat lebih pada diri Anda sendiri. 

Anda bebas menentukan olahraga apa yang perlu dilakukan, misalnya lari kecil atau pemanasan, tapi perlu diingat sesuaikan waktu tersebut dengan tepat. 

Lebih baik juga melakukan aktivitas tersebut di luar ruangan daripada di dalam ruangan karena sinar matahari pagi bermanfaat bagi tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Menyempatkan Diri untuk Sarapan Sehat

Sarapan atau makan pagi penting peranannya dalam memberi semangat Anda untuk bekerja di kantor dan aktivitas lainnya. Dengan sarapan, maka ada energi yang tersimpan pada diri sendiri sebagai bekal untuk beraktivitas.

Sempatkanlah diri untuk sarapan, terutama dengan makanan yang sehat dan bergizi. Sebab hal ini akan membuat tubuh bisa lebih semangat dan siap menjalani hari beserta rutinitasnya. 

6 dari 6 halaman

5. Dengarkan Musik Favorit

Selain memberi asupan pada fisik, mental juga perlu diberikan asupan agar suasana hati (mood) bagus untuk mengawali hari. Anda bisa mendengarkan musik favorit di pagi hari yang bisa membangkitkan semangat dalam beraktivitas.

Tapi perlu diingat, dengarkan musik yang memiliki irama ceria. Sebab hal ini bisa memengaruhi perasaan Anda setelah mendengarkan musik tersebut.

Hindari mendengarkan musik sendu walau itu adalah musik favorit. Sebab bukannya semangat, bisa-bisa Anda malah terhanyut sedih. Bukannya semangat, mood bisa saja kacau seharian nanti.

Awali Hari dengan Semangat Penuh

Beberapa jenis kegiatan dan makanan di atas terbukti mampu meningkatkan semangat di pagi hari setiap orang. Jadi tanpa harus minum kopi bahkan dengan uang yang sedikit, Anda bisa mendapatkan semangat pagi untuk beraktivitas.

Semangat juga bisa didapat jika dari dalam diri sendiri memiliki kemauan untuk selalu positif setiap harinya. Awali hari dengan semangat penuh, aktivitas pun lancar.

Loading
Artikel Selanjutnya
Khasiat Konsumsi 3 Minuman Ini di Musim Hujan
Artikel Selanjutnya
Piza hingga Cokelat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur