Sukses

Jangan Sembarang Olahraga, Kenali Bentuk Tubuh Anda Terlebih Dahulu

Liputan6.com, Jakarta Setiap kali akan berolahraga, sebagian orang cenderung memilih sesuai jenis olahraga favorit atau berdasarkan tren saat ini, tanpa mempertimbangkan aspek penting, yaitu bentuk tubuh.

Realitanya, tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh semua orang. Lebih tepat jika Anda berolahraga menyesuaikan dengan bentuk tubuh.

Mengapa? Sebab melakukan olahraga yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh, bisa saja bukannya sehat jasmani, tapi malah cedera yang membahayakan tubuh. 

Maka dari itu, yuk kenali bentuk tubuh Anda terlebih dahulu sebelum berolahraga. Bagaimana caranya? Tak sulit, berikut cara mengenali tubuh Anda terlebih dahulu sebelum berolahraga, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Olahraga Ringan untuk Bentuk Tubuh Endomorf

Bentuk tubuh endomorf biasanya dapat dilihat dari bentuk paha dan pinggang yang besar serta perut yang sedikit buncit. Bukan hanya itu, biasanya juga memiliki bentuk wajah yang tembam. 

Selain itu, pemilik tubuh endomorf sangat mudah mengalami kenaikan berat badan. Ini disebabkan karena lambatnya metabolisme tubuh dalam mencerna makanan.

Jadi, jika pemilik tubuh endomorf tidak berolahraga ataupun tidak melakukan banyak gerakan untuk menyeimbangkan jumlah kalori yang ada dalam tubuh, besar kemungkinan akan mengalami obesitas.

Tapi, pemilik tubuh endomorf tak perlu khawatir dengan keinginan memiliki tubuh yang ramping ideal. Caranya cukup mudah, pahami dulu olahraga yang cocok untuk bentuk tubuh kemudian lakukan secara rutin setiap hari atau lima kali dalam seminggu.

Lantas apa saja olahraga yang cocok untuk pemilik tubuh endomorf

Anda yang punya bentuk tubuh endomorf bisa melakukan olahraga ringan tapi dengan durasi yang cukup lama. Misalnya saja dengan berjalan kaki setiap hari, berenang, cycling, atau senam ringan. 

Perlu diingat juga, selama berolahraga jangan lupa untuk banyak minum air putih. Supaya tubuhmu tidak mengalami dehidrasi. Minumannya pun bisa air mineral ataupun minuman ion yang banyak dijual di mini market.

2 dari 3 halaman

2. Olahraga Cukup Berat untuk Bentuk Tubuh ‘Ektomorf’

Ektomorf biasanya dipakai untuk menyebut orang-orang yang mempunyai tubuh tinggi tetapi dengan tubuh yang sangat ramping. Lengan tangan, pergelangan tangan, paha, betis dan pergelangan kaki biasanya juga kecil.

Pinggang dan pinggul pun biasanya juga sangat ramping. Nah, pemilik tubuh ektomorf memiliki proses metabolisme yang sangat cepat, sehingga sangat sulit dalam menaikkan berat badan.

Lantas apa bisa pemilik tubuh ektomorf memiliki bentuk tubuh yang sedikit berisi tapi tetap ideal? Tenang, bagi Anda yang memiliki tubuh ektomorf, lakukan olahraga yang tidak berkaitan dengan kardio. Karena olahraga kardio diperuntukkan membakar lemak yang berlebih.

Ada banyak jenis olahraga selain kardio yang bisa kamu lakukan, misalnya saja dengan melakukan jogging, lompat tali, bulu tangkis, atau tenis. Anda juga bisa melakukan olahraga angkat beban juga.

Dengan mengangkat beban akan membentuk otot tubuh sehingga tubuh terlihat sedikit kekar sekaligus menjaga bentuk tubuh agar tetap ramping. Tapi jangan dilakukan secara berlebihan.

Lakukan dengan teratur jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal, tapi jangan berlebihan karena akan membuat tubuh membakar kalori secara berlebih yang akan membahayakan tubuh. 

3 dari 3 halaman

3. Olahraga Berat untuk Bentuk Tubuh ‘Mesomorf”

Jenis tubuh terakhir yaitu mesomorf. Biasanya dapat dipahami dengan ciri tubuh memiliki tulang yang besar, bahu yang kokoh, serta pinggang yang sempit tapi berotot. 

Tubuh mesomorf sering disebut sebagai tubuh ideal dan atletis karena bentuk tubuh yang sesuai porsi, artinya tidak gemuk dan tidak kurus. Para model dan olahragawan banyak yang memiliki tubuh mesomorf

Walaupun disebut sebagai tubuh yang ideal, olahraga tetap diperlukan untuk menjaga agar bentuk tubuh tetap terjaga. Karena tubuh mesomorf juga dapat dikatakan memiliki proses metabolisme yang cepat, sehingga jika tidak mengatur pola makan dan gaya olahraga maka akan cepat kehilangan berat badan.

Lantas jenis olahraga seperti apa yang cocok untuk pemilik tubuh mesomorf?

Untuk pemilik tubuh mesomorf, bisa melakukan olahraga yang memerlukan keseimbangan dan ketangkasan seluruh anggota tubuh seperti kick boxing, muay thai, yoga, pilates, surfing, zumba, atau bisa juga melakukan senam kardio dengan durasi yang tidak berlebihan dan dilakukan secara teratur selama beberapa hari dalam satu minggu. 

Melakukan olahraga sebenarnya bukan hanya untuk mendapatkan atau mempertahankan bentuk tubuh agar tetap ideal. Tapi juga bisa melancarkan peredaran darah, melancarkan peredaran oksigen dalam darah, memperlancar metabolisme tubuh. 

Perlu Pola Makan yang Seimbang

Tapi sangat perlu diingat, selain berolahraga teratur yang sesuai dengan bentuk tubuh, Anda juga perlu memerhatikan pola makan.

Usahakan untuk mengisi perut sebelum melakukan olahraga, dan setelah olahraga isi kembali perut Anda dengan makanan yang sehat. Karena akan sia-sia melakukan olahraga yang teratur kalau mengabaikan pola makan yang sehat.

Minum air putih secukupnya juga sangat diperlukan untuk menyeimbangkan air dalam tubuh setelah terbuang selama olahraga. Kamu bisa memilih untuk meminum air mineral ataupun minuman ion untuk menghindari tubuh yang dehidrasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Ajarkan Kedisiplinan Sejak Dini
Artikel Selanjutnya
Biar Semangat, Begini Cara Mudah Usir Rasa Malas