Sukses

[VIDEO] Takut Gempa, Warga Kebumen Belum Berani Rapikan Rumah

Selain merusakan ratusan rumah, gempa berkekuatan 6,5 SR yang berpusat di Kebumen, Jawa Tengah juga merusak sekolah hingga masjid.

Selain merusakan ratusan rumah, gempa berkekuatan 6,5 SR yang berpusat di Kebumen, Jawa Tengah juga merusak sekolah hingga masjid. Warga yang trauma hingga kini belum berani merapikan rumahnya yang terkena gempa karena takut gempa masih terjadi.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (26/1/2014), bangunan SD Negeri 3 Banyumas, Jawa Tengah ini menjadi salah satu korban gempa. Sebagian besar kerusakan menimpa atap plafon ruang kelas.

Akibat ambrolnya plafon ini, seluruh ruangan tak bisa digunakan. Apalagi, puing plafon yang ambrol ini masih berserakan di lantai serta kursi belajar siswa.

Sedangkan  kegiatan taman pendidikan Alquran yang biasa berlangsung di masjid kini berpindah ke rumah warga menyusul ambruknya masjid di Desa Kranggan Kecamatan Pekuncen. Pagi hingga siang ini, anggota TNI dan warga mulai membenahi masjid yang ambruk.

Para warga korban gempa di Desa Karangkelsem Pekuncen Banyumas, bahkan masih membiarkan rumahnya yang rusak terkena gempa. Mereka tidak berani membersihkan puing di dalam rumah karena takut ambrol. Apalagi, gempa susulan masih terjadi pada Minggu dini hari.

Dampak dari gempa di Kebumen Jawa Tengah, ternyata dirasakan juga di wilayah Ciamis, Jawa Barat. Bukan hanya getaran gempa saja yang dirasakan, namun gempa juga membuat rusak bangunan rumah milik warga tepatnya di Desa Maruyungsari, Ciamis. Tercatat tidak kurang dari 20 rumah milik warga dinding temboknya mengalami retak-retak

Sayangnya sampai saat ini mereka belum mendapat bantuan dari pemerintah untuk memperbaiki tembok rumah emreka yang retak. (Mvi/Ism)

Baca juga:
93 Rumah di Banyumas Rusak Akibat Gempa Kebumen 6,5 SR
Pascagempa Kebumen, Rumah Terbakar dan Rusak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.