Sukses

Paku Buwono XII Mangkat

Liputan6.com, Solo: Penguasa Keraton Surakarta Hadiningkrat Paku Buwono (PB) XII meninggal dunia pada usia 79 tahun, Jumat (11/6) pagi. Tepatnya pada pukul 08.15 WIB di Rumah Sakit dokter Oen, Solo, Jawa Tengah. Menurut keterangan tim dokter, almarhum menderita komplikasi hati.

Selama beberapa hari terakhir, kondisi kesehatan almarhum menurun akibat kelelahan mengerjakan beragam aktivitas. Alhasil, salah satu Raja Jawa ini harus menjalani perawatan secara intensif selama lima hari di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit dr Oen, Solo.

Tampak sejumlah tokoh melayat almarhum di RS itu. Di antaranya, Uga Wiranto dan Krisnina Maharani--istri Akbar Tandjung. Sementara, calon presiden dari Partai Golongan Karya Wiranto dan Akbar Tanjung menunggu di Keraton Kasunanan Surakarta. Rencananya, almarhum akan dimakamkan di pemakaman para raja Mataram di Imogiri, Yogyakarta, Senin mendatang.

PB XII adalah raja di kerajaan penerus Dinasti Mataram Islam yang terpecah menjadi tiga, yakni Keraton Kasunanan Surakarta, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, dan Puri Mangkunegara. PB XII dilahirkan 14 April 1925 sebagai putra Paku Buwono XI. Dan, sepanjang kekuasaan Dinasti Mataram Islam, PB XII adalah raja yang paling lama memerintah, yaitu sejak tahun 1945 hingga sekarang.(DNP/Solikun)