Sukses

[VIDEO] Gunung Sinabung Keluarkan Lava dan Awan Panas

Di penghujung tahun ini, Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi. Seribu warga kembali ke pengungsian.

Aktivitas Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara, terus meningkat. Sejak kemarin malam hingga saat ini, letusan beberapa kali terjadi.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Selasa (31/12/2013), erupsi ini mengakibatkan debu tebal menyelimuti Kota Berastagi, karena tiupan arah angin ke timur. Warga pun melindungi diri menggunakan masker dan payung.

Menurut Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api I Gede Suantika, guguran kubah lava dapat teramati, diikuti awan panas hingga 2 kilometer. Debu vulkanik pun mengarah ke Kota Berastagi.

Saat ini, status Gunung Sinabung berada di level Siaga III. Warga yang berada dalam radius 5 kilometer dari gunung berapi tersebut diminta tetap bertahan di pos pengungsian.

Walau sempat pulang ke desa masing-masing, warga terpaksa kembali mengungsi karena desa mereka termasuk rawan letusan Gunung Sinabung. Sekitar seribu warga kembali mengisi posko-posko pengungsian. Karena letusan Gunung Sinabung, mereka pun terpaksa melewati pergantian tahun di pengungsian. (Ans/Ism)

[VIDEO] Anak Pengungsi Sinabung Tetap Ceria Rayakan Misa Natal

Masa Tanggap Darurat Sinabung Diperpanjang

Hari Ini Gunung Sinabung Statusnya Awas





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.