Sukses

[VIDEO] Yuk, Isi Liburan Dengan Belajar Tari Gandrung

Anak anak di desa Wongsorejo mengisi liburan dengan belajar Tari Gandrung, tarian khas Banyuwangi. Seperti apa ya? Lihat yuk.

Suasana liburan sekolah di Desa Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur berbeda dengan yang dilakukan anak-anak lainnya di kota. Anak anak di desa itu, mengisi liburan dengan belajar Tari Gandrung, tarian khas Banyuwangi.

Salah satu kesenian asli Banyuwangi itu sudah menjadi maskot daerah setempat yang diangkat dari ritual tradisi masyarakat agraris, yaitu Seblang. Meski kesenian Gandrung lahir dan banyak dikembangkan oleh masyarakat Using, namun masyarakat daerah lain di Banyuwangi sudah menjadikan kesenian Gandrung sebagai kesenian bersama.

Seperti yang ada dalam Liputan 6 SCTV Pagi (28/12/2013), di Kecamatan Wongsorejo yang mayoritas etnis Madura anak-anak dan remaja sangat antusias belajar Tari Gandrung. Mereka yang rata-rata masih sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU), umumnya memanfaatkan masa liburan sekolahnya untuk belajar Tari Gandrung.

Namun tidak hanya seni tari yang diajarkan disana, seni merias juga menjadi pelajaran wajib bagi calon penari Gandrung. Meski belum melahirkan penari Gandrung profesional, namun keberadaan sanggar seni tari ini membanggakan masyarakat setempat.

Bahkan setiap ada event besar di Kota Banyuwangi atau di daerah lain, penari Gandrung binaan sanggar Wongso Arum pasti diikutsertakan. (Mhs/Tnt)

Lihat juga:
VIDEO: Wah! Kreatifnya Liburan Anak-anak Jember
Isi Liburan dengan Balap Onthel
Sedang Asyik Liburan, Gadis Belia Terpisah Keluarganya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini