Sukses

[VIDEO] Rapimnas Golkar, JK Ngacir ke Acara PMI

"Di sana (Rapimnas Golkar) saya diundang. Di sini saya Ketua Umum (PMI) gimana jadinya," kata JK.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla membantah ketidakhadirannya dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar bukan karena telah menerima pinangan dari partai lain untuk maju sebagai calon presiden dalam Pemilu 2014 mendatang.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (22/11/2013), JK mengaku tak bisa hadir semata-mata karena sibuk tugasnya sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia. Hari ini, ia melepas keberangkatan tim relawan dan bantuan kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk Korban Topan Haiyan ke Filipina.

Dalam kesempatan ini, Kalla juga memastikan belum menerima pinangan dari partai lain yang akan mencapreskan dirinya dalam pilpres 2014 mendatang. Mantan Wakil Presiden itu optimis isu pencapresan dirinya termasuk manuver-manuver yang dilakukan politisi senior seperti Akbar Tandjung tidak akan memecah suara Partai Golkar.

"Di sana (Rapimnas Golkar) saya diundang. Di sini saya Ketua Umum (PMI) gimana jadinya," kata JK.

Kehadiran JK pada pelepasan tim relawan ini sekaligus untuk menjawab kritik yang pernah disampaikan Wakil Sekjen Partai Golkar Nurul Arifin beberapa waktu lalu. JK menegaskan PMI benar-benar bergerak pada misi kemanusiaan dan tidak ada unsur politis sebagaimana yang disampaikan Nurul Arifin.

Ngacir ke Tempat Jokowi

Usai melepas keberangkatan tim relawan PMI ke Filipina, Jusuf Kalla juga tidak bergegas menghadiri Rapimnas. JK memilih bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balaikota untuk menandatangani MoU mengatasi banjir Jakarta. Kerjasama itu melibatkan Pemprov DKI Jakarta, Komite Sepeda Indonesia (KSI), dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Rencananya, Pemprov DKI akan bekerjasama dengan komunitas pengguna sepeda untuk menembus lokasi sempit banjir yang tidak dapat dilalui kendaraan besar. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.