Sukses

[VIDEO] Bantuan Langsung Indonesia untuk Korban Haiyan Tiba

Pemerintah Indonesia untuk pertama kalinya mengirimkan bantuan langsung ke lokasi bencana topan di Filipina. Bantuan langsung diberikan ke daerah Rohas, satu dari tiga lokasi terparah yang terdampak sapuan topan Haiyan.

Begitu pesawat Hercules TNI AU mendarat di Kota Roxas, Provinsi Capiz, bantuan yang diterbangkan dari Jakarta ini langsung dibongkar.

Sebelumnya bantuan hanya dikirim sampai Kota Cebu yang merupakan pusat komando tanggap darurat bencana topan Haiyan. Pemerintah Filipina meminta bantuan pengiriman langsung via udara ke Roxas karena kekurangan pesawat pengangkut.

Di Provinsi Capiz, korban tewas mencapai 57 orang. Hampir 32 ribu kepala keluarga kehilangan tempat tinggal dan harus bertahan di pengungsian yang tersebar di 4 lokasi.

Sementara, upaya medis bagi para korban Haiyan di Kota tacloban masih terkendala ketiadaan pasokan air, listrik, dan suplai medis. Di rumah sakit regional Eastren Visayas, kurangnya pasokan darah dan obat obatan membuat dokter tak bisa melakukan sejumlah operasi.

Lalu, meski di antara puing-puing gereja, korban topan Haiyan di Palo, sebuah kota di luar Tacloban, mengikuti misa dengan khidmat. Gereja ini termasuk yang rusak akibat dihantam haiyan pada 8 November lalu. (Yus)