Sukses

Jempol Terbalik Jokowi untuk Penerobos Busway: Nih Dislike!

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendukung aksi gerakan 'Busway Kick' yang dilakukan para penumpang bus Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendukung aksi gerakan 'Busway Kick' yang dilakukan para penumpang bus Transjakarta. Menurut Jokowi, gerakan tersebut dianggap lebih efektif sebagai sanksi sosial bagi para penerobos busway dibanding tilang.

"Menurut saya aksinya baik, saya dukung. Kalau memang kejadian terus-menerus, itu menjadi hukuman masyarakat sendiri," ujar Jokowi di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu, (13/11/2013).

Menurutnya, gerakan yang lahir dari masyarakat langsung dapat menciptakan ketertiban dan membuat para pengendara pribadi malu untuk menerobos busway. Ia pun berharap gerakan tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat luas, terlebih bagi para pengendara pribadi.

"Ini semoga terus menerus gerakan ini. Maka akan ada tertib sosial, di masyarakat ini menjadi hukuman sosial. Kan dari awal saya jelaskan untuk selalu tertib hukum dan tertib sosial," kata Jokowi.

Apakah itu berarti Jokowi siap mendukung gerakan 'Busway Kick' dengan menendangkan sebelah kaki dari halte busway dan memberikan tanda 'dislike' dengan mengacungkan jempol terbalik? Jokowi pun tanpa ragu memberikan dukungan tersebut.

"Buat para penerobos jalur busway, nih dislike!" ujar Jokowi sambil tersenyum dan mengacungkan jempol terbaliknya. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.