Sukses

3 Alasan UNESCO Beri Penghargaan Ani Yudhoyono

Ada 3 alasan yang membuat Ibu Negara Ani Yudhoyono mendapat penghargaan dari Women Empowerment in Education dari UNESCO. Apa saja?

Wakil Direktur Unesco Biro Sains Regional untuk Asia Pasifik Shahbaz Khan menuturkan, Ani dinilai telah melakukan investasi kepada perempuan dan efek berlipat dari kemampuan membaca dan pendidikan kepada perempuan, keluarga mereka dan masyarakat.

"Kedua, inisiatif yang telah Anda mulai secara transformatif memungkinkan perempuan untuk mendapat pengetahuan dan keterampilan untuk menciptakan peluang baru dalam kehidupan mereka. Khususnya melalui keterampilan kewirausahaan yang pada gilirannya berdampak pada ekonomi yang lebih luas," urai Khan di Gedung Balai Sidang, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/11/2013).

Ketiga, sambung Khan, Ibu Ani telah menempatkan prinsip kelestarian sebagai pusat dari semua inisiatifnya, membuatnya menjadi ramah lingkungan.

"Kami yakin pendekatan yang bijaksana dan inovatif ini merupakan kunci untuk perubahan positif. Karena hal ini juga membuka jalur-jalur baru untuk menciptakan kesejahteraan, melalui produksi dan pola konsumsi yang bertanggung jawab," ujar Khan.

Penghargaan yang diraih Ibu Ani dalam acara For Women in Science (FWIS) ini, jelas dia, merupakan suatu komitmen yang sudah berlangsung lama, dengan kontribusi inovatif untuk meningkatkan taraf hidup perempuan dan anak-anak Indonesia.

Pemberian penghargaan ini bagian dari perayaan World Science Day for Peace and Development. Karena itu, terpilihnya Ani Yudhoyono sebagai tokoh Pemberdayaan Perempuan dalam Pendidikan karena sejumlah program yang dibuatnya berdampak bagi remaja putri. Seperti Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Hijau, Indonesia Kreatif, dan Indonesia Peduli.

"Inisiatif ini sejalan dengan upaya UNESCO di Indonesia melalui program Green School Programme (Program Sekolah Hijau) dan Creating Learning Community for Children Programme (Pembentukan Komunitas Belajar untuk Program Anak)," jelas Khan.

Pada akhir sambutannya, tak lupa Khan mengucapkan selamat kepada Indonesia dan Ani Yudhoyono atas penghargaan ini.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menginspirasi para orangtua, remaja putri, guru dan perempuan Indonesia untuk melangkah lebih maju dalam mempelajari dan mengenal sains," pungkas Khan. (Rmn/Sss)
Loading