Sukses

Mahfud MD Puji Jokowi soal Pemberantasan Korupsi

"Bagus, saya kira secara objektif Pak Jokowi menunjukkan sebagai seorang pekerja keras dan memanfaatkan semua fasilitas," ujar Mahfud MD.

Setahun Pemerintahan Provinsi DKI Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama (Jokowi-Ahok) dinilai pro pemberantasan korupsi. Terbukti, mereka tidak melindungi bawahannya yang terjerat sejumlah kasus korupsi. Demikian disampaikan Mahfud MD di Balaikota usai menghadiri dialog interaktif etika birokrasi dalam pemerintahan, Jakarta, Selasa (29/10/2013).

"Bagus, saya kira secara objektif Pak Jokowi menunjukkan sebagai seorang pekerja keras dan memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia tanpa catatan korupsi. Kadangkala kalau orang berhasil itu ada catatan korupsinya," ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Menanggapi penggantian 11 PNS DKI yang kini menjadi tersangka dugaan kasus korupsi pada era kepemimpinan Fauzi Bowo alias Foke, Mahfud menilai gubernur yang kerap disapa Jokowi itu bersih dari korupsi. "Artinya, Jokowi sendiri tidak terlibat di situ. Sehingga dengan mudah dan enteng menindak orang-orang yang melakukan pelanggaran."

"Kadangkala di beberapa tempat ada orang terlibat korupsi kemudian disembunyikan, atasannya melindungi karena takut kena dirinya juga," sambung Mahfud.

Tokoh asal Madura itu mengatakan, Jokowi merupakan contoh objektif bekerja apa adanya, sederhana, dan menerapkan nilai kesungguhan. Tak hanya soal korupsi, Mahfud juga mencermati perubahan birokrasi di DKI era kepimpinan Jokowi-Ahok ini.

"Banyak perubahan, misalnya perubahan pejabat dengan cara lelang. Itu untuk efisienkan kualitas birokrasi. Saya kira banyak yang sudah dilakukan," imbuh Mahfud. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.