Sukses

Fasilitas Toilet di SPBU Jalur Pantura Ini Gratis

"Di sini betul-betul gratis, tidak ada kotak sumbangan seperti di tempat lain," ujar Manajer SPBU Sinar Jaya Ana Susanti.

SPBU Sinar Jaya di Jalan Raya Klampok, Brebes, Jawa Tengah, penuh dengan segudang prestasi. Pelayanan yang prima diterapkan SPBU ini, mulai dari salam, konfirmasi produk, tidak lupa mengucapkan 'Dimulai dari angka nol', pengembalian pas, dan ucapan terimakasih.

Untuk mendukung pelayanannya, SPBU Sinar Jaya pun menggratiskan fasilitas umum seperti toilet. Padahal, tak sedikit SPBU yang meminta tarif atas penggunaan fasilitas toilet umumnya, khususnya di sepanjang jalur mudik Pantura.

"Di sini betul-betul gratis, tidak ada kotak sumbangan seperti di tempat lain," ujar Manajer SPBU Sinar Jaya Ana Susanti kepada Liputan6.com di lokasi, Jumat (9/8/2013).

Ana menuturkan, pihaknya memang menyiagakan petugas kebersihan di depan toilet. Namun mereka tidak boleh meminta uang sepeser pun. "Petugas khusus jaga kebersihan, bukan jaga karena mau minta uang," ucapnya.

Di belakang SPBU ini juga terdapat terminal khusus Bus Sinar Jaya yang toiletnya pun dapat digunakan secara gratis oleh pengguna bus, maupun siapa saja yang membutuhkan.

"Hari-hari biasa, toilet itu dipakai khusus pengguna bus. Tapi kalau puncak arus balik, siapa saja boleh pakai," kata Ana.

Tercatat beberapa penghargaan pernah dikantongi SPBU Sinar Jaya, yakni Juara III Lomba Pengelolaan SPBU dalam Hut Pertamina ke 43 se-Jawa Tengah. Selain itu salah satu petugas SPBU ini, Slamet Riyanto, pernah menyabet gelar Operator Terbaik Nasional pada Juli 2008.

"Pak Slamet sebagai petugas kami dilihat dari pelayanannya, kan ada S0P Pasti Pas Pertamina, hal itu tidak pernah lupa ia ucapkan," pungkas Ana.

Penasaran dengan pelayanan SPBU ini? Jangan lupa mampir untuk mengunjunginya saat berada di jalur Pantura. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.