Sukses

Pembayaran Pesawat Sukhoi dari Pinjaman Bank Bukopin

Bulog segera membayar cicilan pembelian empat jet tempur Sukhoi melalui dana yang diperoleh dari pinjaman Bank Bukopin. Dana pembelian pesawat itu akan ditagih ke pemerintah pada Juli mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Badan Urusan Logistik (Bulog) segera membayar cicilan pertama pembelian empat jet tempur Sukhoi dan dua helikopter perang sebesar US$ 15 juta kepada pemerintah Rusia. Dana sebesar itu akan diperoleh dari pinjaman Bank Bukopin. Demikian disampaikan Direktur Utama Perum Bulog Widjanarko Puspojo di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Widjanarko, pihaknya mendapat dana untuk membeli komoditi yang akan dibarter dengan pesawat tersebut dari Bank Bukopin. Selanjutnya, Bulog akan menagih dana pembelian pesawat itu kepada pemerintah pada Juli mendatang. Anehnya, meski Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti dan Menteri Keuangan Boediono belum memberikan persetujuan, Widjanarko yakin pemerintah akan membayar pembelian pesawat tempur tersebut [baca: Bulog Membayar Cicilan Tahap Pertama Sukhoi].

Dalam kunjungannya ke Rusia April silam, Presiden Megawati Sukarnoputri menandatangani pembelian empat jet tempur Sukhoi dan dua helikopter senilai US$ 192 juta [baca: Megawati Menandatangani Imbal Beli Sukhoi]. Anehnya, dana pembelian itu belum dianggarkan oleh Departemen Keuangan hingga saat ini. Namun demikian, pesawat tempur Sukhoi dan helikopter buatan Rusia itu sudah dijadwalkan tiba di Indonesia menjelang peringatan hari TNI, 5 Oktober 2003.(PIN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini