Sukses

Pelabuhan KCN Jadi Destinasi Kunjungan Pelatihan Ahli Kepelabuhanan

Para peserta sebelumnya pernah berkunjung ke sejumlah terminal kontainer, namun baru pertama kali mengunjungi terminal kargo curah.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Lembaga Riset lnternasional Kemaritiman, Kelautan dan Perikanan lnstitut Pertanian Bogor (PKSPL LRI IPB) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan kunjungan ke Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN) di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Kepala Divisi Management Pengetahuan PKSPL Nurdin Ahmadi menjelaskan, kunjungan ini merupakan bagian dari Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Ahli Kepelabuhanan Angkatan ke-47 yang berlangsung pada tanggal 13 –18 Mei 2023. 

"Kita ingin agar para peserta dapat belajar bagaimana mengembangkan bisnis pelabuhan, khususnya pelabuhan terminal curah,” ujar pria yang juga merupakan Koordinator Pelatihan Ahli Kepelabuhanan Indonesia ini.

Diterangkan Nurdin, para peserta sebelumnya pernah berkunjung ke sejumlah terminal kontainer, namun baru pertama kali mengunjungi terminal kargo curah.

"Kami melihat KCN memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa berkembang. Teman-teman peserta dapat belajar dari KCN, bagaimana mengembangkan sebuah pelabuhan," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergi Dunia Pendidikan

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi KCN, Rinang P. Brata, menyampaikan, kunjungan ini merupakan bentuk sinergi antara dunia pendidikan, pemerintah dan pelaku industri yang pada akhirnya akan melahirkan talenta baru untuk masa depan industri kepelabuhanan di Tanah Air.

"Kita tak hanya mengajak peserta melihat berbagai fasilitas disini tapi juga proses bisnisnya, sehingga (peserta) akan mendapat gambaran alur kerja di pelabuhan secara aktual,” ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.